Bengkulu (ANTARA Bengkulu) - Pemerintah Kota Bengkulu akan mengusahakan pedagang kaki lima yang berada di Jalan Kedondong ditertibkan dan menempati auning mereka yang berada di dalam pasar.

"Ya kita usahakan, tetapi juga melalui tahapan-tahapan agar jangan ada yang tersakiti karena  mereka juga  saudara kita," kata Asisten II Kotya Bengkulu, Fachruding Siregar.

Menurutnya penataan kembali pedagang kaki lima Pasar Panorama akan dilakukan secepatnya, namun membutuhkan tahapan seperti sosialisasi untuk memberikan pengertian kepada pedagang agar tidak terjadi gesekan pedagang dengan Pemerintah Kota.

"Ini tidak digusur, tetapi kita tata, tujuannya juga untuk kita semua, agar pedagang bisa nyaman berjualan, begitu juga pembeli," kata dia.

Menurutnya, pedagang yang berada di luar telah mempunyai tempat berjualan di dalam pasar.

Penertiban pedagang kaki lima Pasar Panorama pernah dilakukan pada akhir Februari silam, namun para pedagang kembali berjualan di lapak-lapaknya kembali dan menolak untuk berjualan di kios yang telah disediakan di dalam pasar dikarenakan berbagai alasan seperti ketidak jelasan penempatan kios serta adanya oknum-oknum yang memperjualbelikan kios-kios yang seharusnya memng jatah para pedagang.

Asisten II Pemerintah Kota mengatakan, penataan akan dilakukan agar situasi Pasar Panorama lebih rapi, bersih dan kondusif.

"Dengan pedagang berjualan di dalam, para pembeli bisa lebih leluasa," Katanya.

Dia berharap agar pedagang dapat bekerjasama membangun pasar panorama yang tertata dan rapi dengan berjualan pada tempat yang telah disediakan di dalam pasar. (*)

Pewarta: Oleh Boyke LW

Editor : Triono Subagyo


COPYRIGHT © ANTARA News Bengkulu 2013