Bengkulu (Antara Bengkulu) - Analisis Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika Bengkulu mengimbau warga daerah itu mewaspadai ancaman hujan sedang hingga lebat kurun waktu 12 jam ke depan.

Prakiraan hujan intensitas sedang hingga lebat itu terjadi pada sore / malam hari diwilayah  Bengkulu bagian utara dan tengah, kata analisis BMKG stasiun Meteorologi Fatmawati Soekarno Bengkulu Harist Syahid Hakim, Minggu.

Ia menjelaskan, daerah yang berpotensi hujan lebat itu antara lain Rejang Lebong, Bengkulu Utara, Kepahiang dan Kabupaten Lebong, suhu udaranya berkisar 18-29 derajat celcius dan kelembaban antara 75-98 persen.

Daerah berpotensi cerah berawan antara lain Bengkulu Selatan, Seluma dan Kota Bengkulu, dengan suhu udara berkisar 23-32 derajat celcius dan kelembaban antara 63-96 persen.

Dari citra satelit cuaca terlihat daerah liputan awan dan hujan berada di wilayah Sumatera Barat,  Kep. Mentawai, Sumatera Selatan, Riau, Jambi, Bengkulu hingga Lampung.

Angin di wilayah Bengkulu pada umumnya bertiup dari arah Barat hingga Timur Laut dengan kecepatan berkisar 05 - 30 km/ jam atau 03 - 16 knots.

Ia juga memprakirakan, gelombang laut di perairan Bengkulu dua meter, angin di wilayah itu bertiup dari arah Barat hingga Timur laut dengan kecepatan antara 03-16 knots.

Sedangkan gelombang laut di perairan Enggano dan Barat Bengkulu juga rata-rata tinggi dua meter, angin di wilayah itu bertiup dari arah Barat hingga Utara dengan kecepatan berkisar 03-16 knots, ujarnya.

Pewarta: Oleh Zulkifli Lubis

Editor : Musriadi


COPYRIGHT © ANTARA News Bengkulu 2013