Bengkulu (Antara Bengkulu) - Badan Meteorologi Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) Bengkulu memprakirakan cuaca di wilayah tersebut selama 12 jam ke depan berpeluang hujan ringan pada sore hingga malam hari.

"Suhu udara di wilayah itu berkisar 23-31 derajat Celcius dan kelembaban antara 64-98 persen, terutama di wilayah Bengkulu Selatan, Kaur hingga Mukomuko," kata Analis BMKG Stasiun Meteorologi Fatmawati Soekarno Bengkulu Rosydidah di Bengkulu, Rabu.

Ia mengatakan tiga di antara 10 kabupaten dan kota di Bengkulu yang berpeluang hujan sedang hingga lebat, yaitu Rejang Lebong, Kepahiang, dan Lebong karena daerah itu merupakan wilayah  perbukitan.

Daerah dengan kawasan pantai seperti Mukomuko, Kota Bengkulu, dan Kabupaten Seluma tetap ada cuaca panas pada siang hingga malam hari, sedangkan hujan terjadi tidak merata.

Berdasarkan pantauan citra satelit cuaca terlihat daerah liputan awan hujan di wilayah pesisir Aceh, Nias, Sumatera Barat, Kepulauan Mentawai, dan Bengkulu.

Angin di wilayah Bengkulu pada umumnya bertiup dari tenggara hingga barat laut dengan kecepatan antara 05-30 kilometer per jam atau 03-16 knot.

Ia juga memprakirakan tinggi gelombang laut di perairan Bengkulu dan perairan Enggano rata-rata dua meter, angin di wilayah itu berembus dari tenggara hingga barat laut dengan kecepatan berkisar 03-16 knot.

Tinggi gelombang laut di barat Bengkulu mencapai 2,5 meter, angin berembus dari tenggara hingga selatan dengan kecepatan berkisar 03-18 knot.

Pewarta: Oleh Zulkifli Lubis

Editor : Musriadi


COPYRIGHT © ANTARA News Bengkulu 2013