Bengkulu (Antara Bengkulu) - Analisis Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika Bengkulu memprakirakan, cuaca pada sepuluh kabupaten/kota di Provinsi Bengkulu berpelung terjadi hujan ringan hingga sedang pada pagi hingga siang hari.

Cuaca berawan hingga hujan ringan itu akan terjadi mulai dari Bengkulu Selatan, Seluma, Kota Bengkulu hingga Kabupaten Rejang Lebong, kata analisis BMKG stasiun Meteorologi Fatmawati Soekarno Bengkulu Febrisurgiansyah, Selasa.

Ia mengimbau kepada warga Bengkulu tetap selalu waspada karena bencana alam seperti angin kencang, hujan lebat disertai petir dadakan sangat berpotensi di daerah itu.

Contohnya, kata dia pada malam beberapa hari lalu terjadi angin kencang disertai petir dan malam berikutnya terjadi hujan lebat, sehingga tiga kabupaten/kota di Bengkulu mengalami banjir.

"Kita tidak berharap bencana itu akan datang, terutama gempa bumi karena masyarakat Bengkulu masih terauma sekali akan guncangan gempa besar seperti beberapa tahun silam," ujarnya.

Ia mengatakan, pantauan citra satelit cuaca terlihat daerah liputan awan hujan berada di wilayah Aceh, Nias, Sumatera Utara, Sumatera Barat, Kep. Mentawai, Sumatera Selatan, Bengkulu, Engganao hingga Lampung.

Angin di wilayah Bengkulu pada umumnya bertiup dari arah Barat Daya Hingga Timur Laut dengan kecepatan antara 05 - 32 km/ jam atau 03 - 18 knots.

Sedangkan prakiraan gelombang laut di perairan Bengkulu tingginya 2,5 meter, angin di wilayah itu bertiup dari arah Barat daya hingga Tmur laut dengan kecepatan berkisar 03-18 knots.

Sementara gelombang laut di perairan Enggano dan perairan barat Bengkulu rata-rata juga tinggi 2,5 meter, angin di wilayah itu berpeluang bertiup dari arah Selatan hingga Barat dengan kecepatan berkisar 03-20 knots, ujarnya.

Pewarta:

Editor : Musriadi


COPYRIGHT © ANTARA News Bengkulu 2013