Bengkulu (Antara Bengkulu) - Gubernur Bengkulu Junaidi Hamsyah memaparkan empat fokus pembangunan daerah itu pada 2014 dalam Musyawarah Rencana Pembangunan 2013 tingkat provinsi, Rabu.

"Empat fokus pembangunan yakni bidang pendidikan, kesehatan, infrastruktur dan ketahanan pangan," kata Gubernur saat memberikan sambutan sebelum membuka Musrenbang Provinsi Bengkulu 2013 dalam rangka penyusunan rancangan rencana kerja pemerintah daerah (RKPD) tahun 2014, Rabu.

Sektor pendidikan kata Gubernur akan difokuskan pada pemberian beasiswa bagi siswa kurang mampu dan meningkatkan infrastruktur bidang pendidikan dan tenaga kependidikan.

Pembangunan bidang kesehatan dengan meningkatkan sarana prasarana penunjang, seperti fasilitas kesehatan di rumah sakit hingga menambah tenaga dokter spesialis.

"Tenaga medis masih dibutuhkan, terutama dokter spesialis yang masih langka dan distribusinya tidak merata," tambahnya.

Bidang infrastruktur mulai dari peningkatakan kualitas jalan ke sentra-sentra produksi, pembangunan jalan provinsi, hingga rencana pelurusan jalan yang menghubungkan Kota Bengkulu-Curup sepanjang 125 kilometer.

Pembangunan bandara dan pengembangan Pelabuhan Pulau Baai serta pembangunan rel Kereta Api dari Kota Bengkulu menuju Muara Enim juga masuk dalam rencana pembangunan 2014.

"Anggota Komisi V DPR RI menyebut bandara Fatmawati sebagai bus terminal karena kondisinya memang kurang layak," kata Gubernur.

Pembangunan lainnya adalah sektor ketahanan pangan dimana pemerintah akan merevitalisasi sejumlah jaringan irigasi dan memperluas areal penanaman padi.

Termasuk optimalisasi lahan beririgasi Air Manjunto di Kabupaten Mukomuko yang rawan beralih fungsi menjadi tanaman perkebunan, terutama sawit.

"Seluas 120 hektare lahan persawahan di Air Manjunto akan dikembalikan fungsinya untuk areal tanaman padi," katanya.

Pemerintah Provinsi Bengkulu pada 2014 kata dia menargetkan produksi padi sebanyak 1 juta ton dimana saat ini baru berkisar 600 ribu ton gabah kering giling.

Gubernur mengatakan Musrenbang tersebut untuk menyelaraskan pembangunan pemerintah kota dan kabupaten, provinsi dan nasional.

Pada acara yang dihadiri seluruh kepala daerah kabupaten dan kota itu, Gubernur meminta pemerintah pusat membantu pembangunan infrastruktur skala besar.

Sementara Deputi Bidang Sarana dan Prasarana Bappenas Dedy Supriadi Priatna mengatakan selain merealisasikan program dalam Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) pemerintah daerah juga diharapkan mendukung RPJM Nasional.

"Ada 12 sektor yang perlu kerja keras untuk pencapaiannya karena tahun 2014 akan ada evaluasi apakah RPJMN tercapai atau tidak," katanya.

Dari 12 bidang tersebut antara lain pengentasan kemiskinan, penurunan angka kematian ibu dan bayi, produksi beras dan lainnya.

Selain Deputi Bidang Sarana dan Prasarana Bappenas, Musrenbang tersebut juga dihadiri Dirjen Dukcapil Kementerian Dalam Negeri, Irman dan Deputi Bidang Peningkatan Infrastruktur Kementerian Pembangunan Daerah Tertinggal Singgih Wiranto.

Hadir juga Anggota DPR dan DPD RI daerah daerah pemilihan Provinsi Bengkulu serta tokoh masyarakat dan lembaga swadaya masyarakat. (ANT)

Pewarta:

Editor : Helti Marini S


COPYRIGHT © ANTARA News Bengkulu 2013