Jakarta (Antara Bengkulu) - Perseroan Terbatas Semen Baturaja berupaya meningkatkan kapasitas produksi dengan membangun dua pabrik baru, apalagi pihaknya menargetkan 2.000.000 ton per tahun mulai Juni 2013.

"Kapasitas semen yang kami hasilkan sudah pada posisi 'peak' sehingga kami punya peluang untuk meningkatkan 'market share' dengan membangun pabrik baru," kata Dirut PT Semen Baturaja Pamudji Rahardjo dalam jumpa pers di Jakarta, Rabu.

Dia mengatakan bahwa pabrik yang saat ini sedang dibangun adalah cemen mill di Baturaja. Dengan biaya pembangunan sekitar Rp350 miliar yang didanai sendiri, pabrik ini ditargetkan bisa memproduksi 750.000 ton semen per tahun.

"Saat ini sedang merampungkan konstruksi. Bulan Mei rencananya bisa uji coba produksi dan Juni diharapkan sudah mulai produksi secara komersial," katanya.

Dengan tambahan kapasitas pabrik cemen mill tersebut pihaknya menargetkan mulai Juni PT Semen Baturaja bisa memproduksi 2.000.000 ton semen per tahun.

"Kapasitas saat ini 1,25 juta ton ditambah pabrik baru semoga bisa mencapai 2.000.000 ton," katanya.

Pihaknya juga berencana membangun pabrik Baturaja 2 yang ditargetkan mulai dilaksanakan pada awal triwulan IV 2013. Menurut dia, untuk rencana pembangunan pabrik tersebut, saat ini sudah mulai ditenderkan.

"Saya harap dalam waktu enam bulan sudah final sehingga antara September dan Oktober 2013 bisa tanda tangan kontrak," katanya.

Proyek yang ditaksir akan menelan dana Rp2,5 triliun tersebut direncanakan sebanyak Rp1 triliun didanai secara internal dengan Rp1 triliun dari initial public offering (IPO) dan Rp0,5 triliun dari pinjaman perbankan.

Pihaknya memperkirakan pembangunan pabrik tersebut akan selesai pada triwulan IV 2016 dengan kapasitas produksi 1,85 juta ton semen per tahun sehingga pada tahun 2016 pihaknya menargetkan untuk bisa memproduksi sebesar 3,85 juta ton semen per tahun.

Ke depan, lanjut dia, Perseroan akan melihat permintaan semen di pasar domestik, terutama di wilayah Sumatera Selatan, yang selama ini menjadi fokus distribusi semen perseroan.

"Kalau permintaan naik terus, kita akan bangun lagi pabrik ketiga, Baturaja 3. Kapasitasnya kurang lebih sama dengan Baturaja 2. Akan tetapi, diusahakan di atas 1,85 juta ton per tahun," kata dia. (ANT)

Pewarta: Anita Permata Dewi

Editor : Helti Marini S


COPYRIGHT © ANTARA News Bengkulu 2013