Surabaya (Antara Bengkulu) - Tuan rumah Persebaya kembali harus berlaga tanpa didampingi suporternya saat menghadapi Persebo Bondowoso pada pertandingan kompetisi Divisi Utama Liga Indonesia di Stadion Gelora Bung Tomo Surabaya, Rabu (10/4).

Ketua Panitia Pelaksana Persebaya DU Baso Juherman kepada wartawan di Surabaya, Senin, mengatakan kebijakan menggelar laga tanpa penonton itu merupakan rekomendasi dari Polrestabes Surabaya yang mengeluarkan izin.

"Izin pertandingan lawan Persebo sudah turun, tetapi masih belum boleh dihadiri penonton. Polrestabes Surabaya masih berpedoman pada instruksi yang dikeluarkan Polda Jatim beberapa waktu lalu," katanya.

Sebelumnya saat menjamu Perseba Super Bangkalan di lokasi yang sama pada 2 April 2013, Persebaya DU juga mendapatkan izin menggelar pertandingan tetapi tanpa penonton.

Saat itu, Uston Nawawi dan kawan-kawan berhasil meraih kemenangan atas Perseba dengan skor telak 5-2.

Kendati instruksi dari Polda Jatim, larangan menggelar laga sepak bola tanpa penonton hanya berlaku bagi Persebaya, sementara tim Jatim lain, seperti Persela Lamongan, Persegres Gresik, dan Persepam Madura United tetap mendapatkan izin bertanding dengan kehadiran penonton.

"Kami patuh pada kebijakan aparat kepolisian, meskipun sebenarnya Persebaya juga dirugikan. Mudah-mudahan di putaran kedua nanti ada perubahan," ujar Baso.

Pertandingan melawan Persebo Bondowoso merupakan laga terakhir yang dijalani Persebaya di putaran pertama. Laga ini seharusnya digelar akhir Maret lalu, tetapi kepolisian memintanya untuk ditunda.

Dari enam laga yang sudah dijalani, "Bajul Ijo" belum pernah kalah dengan meraih lima kemenangan dan sekali imbang. Mereka kini berada di puncak klasemen Grup III dengan nilai 16 dan memastikan juara paruh musim.

"Meskipun bertanding tanpa dukungan suporter, target kami tetap mengamankan poin tiga dan memperpanjang rekor tidak pernah kalah," kata Manajer Tim Persebaya DU Bambang Pramukantoro. (ant)

Pewarta: Oleh Didik Kusbiantoro

Editor : Musriadi


COPYRIGHT © ANTARA News Bengkulu 2013