Komisi Pemilihan Umum Kabupaten Rejang Lebong, Provinsi Bengkulu menetapkan empat pasangan calon yang akan bertarung dalam Pilkada Serentak 2020 di wilayah itu.

Ketua KPU Rejang Lebong, Restu S Wibowo usai penetapan peserta Pilkada Serentak 2020 di aula KPU Rejang Lebong, Rabu, mengatakan empat pasangan calon yang sudah ditetapkan ini terdiri dari tiga pasangan calon diusung oleh partai politik dan gabungan partai politik serta satu pasangan lagi dari jalur perseorangan.

"Semua bakal pasangan calon yang menyerahkan berkas ke KPU Rejang Lebong, setelah dilakukan verifikasi dan penelitian dinyatakan memenuhi syarat untuk ditetapkan sebagai pasangan calon. Empat paslon yang ditetapkan ini satu pasangan dari jalur perseorangan, tiga pasangan yang diusulkan dari parpol dan gabungan parpol," kata dia.

Dijelaskan Restu, empat pasangan calon yang telah ditetapkan ini yaitu pasangan calon atas nama Syamsul Efendi-Hendra Wahyudiansyah dari jalur perseorangan dengan jumlah dukungan masyarakat sebanyak 21.323 dukungan.

Selanjutnya pasangan M Fikri Thobari-Tarsisius Samuji, yang diusung oleh Partai Perindo dan PAN dengan jumlah kursi enam. Kemudian pasangan M Faisal-Fatrolazi, diusung PKB, Gerindra, PDIP, Hanura, Demokrat dan didukung dua parpol non parlemen PPP dan PSI dengan jumlah kursi 14.

Serta pasangan calon Susilawati-Ruswan YS, yang diusung Partai Golkar dan Nasdem dengan jumlah kursi parlemen delapan.

Penetapan empat pasangan calon peserta Pilkada Rejang Lebong ini kata dia, dilakukan secara terbatas guna mencegah penyebaran COVID-19 dengan hanya dihadiri oleh penghubung atau LO dari pasangan calon saja, serta Bawaslu Rejang Lebong dan aparat TNI/Polri.

Setelah penetapan pasangan calon, kata dia, tahapan selanjutnya, Kamis (24/9) akan dilakukan pengambilan nomor urut peserta yang akan dilaksanakan di Kampus IAIN Curup dengan undangan yang boleh menghadirinya terbatas.

"Kita batasi hanya dari Forkopimda, pasangan calon dan istri, kemudian tim kampanye, LO dan ketua serta sekretaris partai politik pengusung pasangan calon. Selain itu, pasangan calon juga kami minta tidak membawa massa pendukung dan melakukan arak-arakan," ungkap dia.

Pewarta: Nur Muhamad

Editor : Musriadi


COPYRIGHT © ANTARA News Bengkulu 2020