Jakarta (Antara Bengkulu) - Penyanyi Indonesia  Elva Patty mengalahkan ratusan penyanyi dari negara lain dalam semifinal  festival internasional "New Wave" yang berlangsung di Moskow, Rusia, 21-22 April 2013 sehingga berhak maju ke langkah berikutnya.

Siaran pers Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) di Moskow yang diterima di Jakarta, Rabu, menyebutkan meskipun baru pertama kali mengikuti festival tingkat internasional, Elva Patty, penyanyi berdarah Ambon, Padang dan Sunda ini penampilan dan kemampuannya sudah sangat baik.

Dalam babak semifinal pertama yang diikuti oleh 81 penyanyi dari 50 negara, Elva Patty tampil dengan rasa percaya diri yang kuat dengan membawakan lagu pop "Natural Woman" dan "Living like a star".

Semifinal pertama yang berlangsung bersamaan dengan perayaan Hari Kartini itu diikuti antara lain Rusia, Latvia, Swiss, Kroasia, AS, India, Maldives, Ukraina, Azerbaidjan, Armenia, Belarus, Rumania dan beberapa negara pecahan Uni Soviet lainnya.

Dia menjadi satu-satunya wakil Asia Tenggara dalam semifinal kontes nyanyi yang cukup besar dan bergengsi  di kawasan Eropa ini.

Mendapatkan dukungan langsung dari Duta Besar RI untuk Federasi Rusia dan Republik Belarus, Djauhari Oratmangun dan istri, perwakilan masyarakat dan mahasiswa Indonesia di Rusia, penampilan Elva Patty disambut meriah oleh penonton dan tim juri yang terdiri atas penyanyi-penyanyi papan atas Rusia.

Juri yang dipimpin oleh penyanyi senior Rusia, Igor Krutoy pun memutuskan Elva Patty lolos semifinal pertama bersama 25 penyanyi lain dari 10 negara dan harus mengikuti semifinal kedua tanggal 22 April 2013.

Penyanyi yang sudah berlatih sejak usia lima tahun itu pun kembali memukau penonton dan juri dengan lagunya Timur Indonesia (Eastern Horizon) karya Eto Ririmasse dan Irish Riswoyo serta lagu berbahasa Prancis yang dipopulerkan oleh Celine Dion "Pour  que tu m¿maimes encore".

Di hari kedua, penyanyi berusia 25 tahun tersebut semakin percaya diri dengan penampilan yang mempesona juri, dan berhak maju ke babak final "New Wave" yang akan diselenggarakan 23-28 Juli 2013, di Jurmala, Latvia.  

Bersama 15 penyanyi lain yang dinyatakan lolos dari babak semifinal, Elva Patty  saat ini langsung mengikuti karantina di Borodino Hall, Moskow hingga tanggal 25 April 2013 untuk mengikuti persiapan lebih lanjut menjelang final yang biasanya dihadiri oleh lebih dari 1000 orang penonton tersebut.

"New Wave" merupakan kontes internasional yang berlangsung di Jurmala, Latvia, yang bertujuan menjaring penyanyi-penyanyi berbakat dari berbagai negara.

Kontes yang yang diselenggarakan oleh penyanyi top Rusia, Igor Krutoy bersama omposer Latvia, Raimonds Pauls sejak tahun 2002 ini telah berhasil mengorbitkan sejumlah penyanyi terkenal di Eropa termasuk Rusia.

Meskipun awalnya hanya ditujukan bagi penyanyi-penyanyi asal Eropa, saat ini peserta New Wave sudah semakin luas hingga Amerika dan Asia. Pada tahun 2009, Sandy Sandhoro berhasil memenangkan kontes ini.

Pewarta: Oleh Ahmad Wijaya

Editor : Musriadi


COPYRIGHT © ANTARA News Bengkulu 2013