Kodim 0409/Rejang Lebong yang membawahi tiga kabupaten di Provinsi Bengkulu akan mengerahkan ratusan anggota TNI guna membantu pengamanan dalam pelaksanaan Pilkada Serentak 9 Desember mendatang.

Dandim 0409/Rejang Lebong Letkol Inf Sigit Purwoko saat dihubungi di Rejang Lebong, Minggu, mengatakan personel yang telah disiagakan ini berjumlah 3 SSK atau satuan setingkat kompi guna membantu pengamanan pilkada di Kabupaten Rejang Lebong, Kepahiang dan Kabupaten Lebong yang bersamaan dengan Pilgub Bengkulu.

"Untuk pengamanan pilkada serentak dalam wilayah teritorial Kodim 0409/Rejang Lebong ini sudah kita siapkan sebanyak 3 SSK, setiap kabupatennya kita kerahkan 1 SSK. Di mana 1 SSK ini berjumlah kurang lebih 100 personel," katanya.

Dia menjelaskan kekuatan Kodim 0409/Rejang Lebong saat lebih dari 400 personel, sehingga masih ada personel lainnya yang berjaga di markas Kodim 0409/Rejang Lebong sekaligus sebagai pasukan cadangan.

"Selain ada 3 SSK pasukan yang kita kerahkan untuk mengamankan jalannya pilkada serentak dalam tiga kabupaten, kita juga menyiagakan personel cadangan pilkada sebanyak 1 SST atau satuan setingkat peleton yang berjumlah 30 orang," terangnya.

Sejauh ini berdasarkan pemetaan yang dilakukan pihaknya di lapangan kata Sigit, dari tiga kabupaten yang akan melaksanakan pilkada ini terdapat dua jenis kerawanan yang harus diwaspadai, yaitu praktik politik uang atau money politic dan kampanye hitam.

"Untuk sementara ini ada dua jenis kerawanan dari hasil pemetaan yang kita lakukan di lapangan, untuk itu hal ini harus kita waspadai bersama dan telah kita koordinasikan dengan Polres masing-masing kabupaten," terangnya.

Dia berharap pelaksanaan Pilkada Serentak 2020 di tiga wilayah hukum Kodim 0409/Rejang Lebong ini bisa berjalan aman, damai, kondusif dan sehat, karena dilaksanakan di tengah pandemi COVID-19 sehingga diharapkan tidak menimbulkan klaster baru virus mematikan tersebut.

Pewarta: Nur Muhamad

Editor : Musriadi


COPYRIGHT © ANTARA News Bengkulu 2020