Dinas Pariwisata Kabupaten Rejang Lebong, Bengkulu mengajak warga yang berdiam di sekitar obyek wisata di daerah itu untuk mendirikan home stay atau penginapan bagi wisatawan.

Kepala Bidang Ekonomi Kreatif Dinas Pariwisata Rejang Lebong Budi Mario Kurniawan saat menutup pelatihan pelaku usaha wisata bertempat di salah satu hotel di Rejang Lebong, Jumat sore, mengatakan saat ini bisnis home stay mulai banyak ditekuni orang karena cukup menjanjikan.

"Harapannya warga masyarakat maupun kelompok sadar wisata atau Pokdarwis yang ada di Rejang Lebong ini bisa mendirikan home stay, ilmu yang didapatkan selama pelatihan ini bisa diterapkan untuk memulainya," kata dia.

Dijelaskan dia, mendirikan atau membuat home stay tidaklah membutuhkan biaya mahal. Warga yang berdiam di sekitar lokasi wisata bisa memulainya dengan menyiapkan satu kamar di rumahnya guna disewakan kepada wisatawan dengan harga terjangkau.

Keberadaan home stay ini kata dia, bisa mendukung program pariwisata yang sedang digalakkan pemerintah dengan penyediaan lokasi penginapan bagi wisatawan dengan harga terjangkau saat berwisata ke wilayah itu.

Dengan adanya home stay di tempat-tempat wisata yang di Rejang Lebong, kata Budi Mario, maka wisatawan yang berlibur tidak kesulitan untuk mencari tempat menginap mengingat jumlah hotel yang ada di wilayah itu saat ini masih terbatas.

Sementara itu, kegiatan pelatihan wisata yang mereka gelar selama tiga hari 18-20 November tersebut diikuti puluhan orang para pelaku usaha wisata, pemilik home stay dan pemandu wisata.

Sedangkan untuk pemateri dalam kegiatan ini menghadirkan pembicara dari Dinas Pariwisata Rejang Lebong, kemudian penggiat media sosial, perancang home stay dan dari bidang lainnya.

Pewarta: Nur Muhamad

Editor : Musriadi


COPYRIGHT © ANTARA News Bengkulu 2020