Pasangan calon (paslon) Bupati dan Wakil Bupati Kabupaten Rejang Lebong, Provinsi Bengkulu nomor urut 4 M Fikri Thobari-Tarsisius Samuji mengucapkan selamat untuk pasangan Syamsul Efendi-Hendra Wahyudiansyah (SAHE) yang memperoleh suara terbanyak versi hitung cepat di daerah itu.

"Kami dari pasangan nomor urut 4, atas nama calon bupati mengucapkan selamat kepada pasangan calon nomor urut 3, Syamsul-Hendra atas perolehan suara berdasarkan upload quick count dan real count yang mereka," kata M Fikri Thobari di Rejang Lebong, Kamis sore.

Dia menambahkan berdasarkan hitung cepat yang dirillis tim SAHE dan mengklaim berada diperingkat satu dengan perolehan suara mencapai 30 persen, sedangkan perolehan suara dirinya bersama Samuji diperingkat kedua berkisar 26 persen.

Kendati sudah mengucapkan selamat atas perolehan suara versi hitung cepat kepada pasangan jalur perseorangan itu, namun dirinya masih akan menunggu penetapan perolehan suara hasil dari rapat pleno tingkat PPK dalam 15 kecamatan dan rapat pleno ditingkat KPU Rejang Lebong.

"Kita juga tetap akan menunggu hasil pleno PPK, pleno KPU, sehingga nanti perolehan suara itu bisa ditetapkan sebagai perolehan suara yang sah, karena proses ini masih ada beberapa rangkaian lagi. Kalau pun nanti hasilnya tetap, sama dengan yang mereka klaim, kita akan berlapang dada," terang dia.

Dalam kesempatan itu, dirinya juga mengimbau para tim sukses, tim keluarga dan massa pendukung agar tidak melakukan perbuatan yang bisa melanggar hukum, tidak melakukan ujaran kebencian dan permusuhan sehingga bisa menimbulkan perpecahan.

Sejauh ini dirinya belum akan mengajukan gugatan apapun, karena masih akan melihat hasil pleno ditingkat KPU Rejang Lebong nantinya, jika ada kejanggalan mereka bisa melakukan keberatan maupun gugatan ke Mahkamah Konstitusi (MK).

Sementara itu, ketua KPU Rejang Lebong Restu S Wibowo menyatakan pihaknya masih akan melakukan rapat pleno perolehan suara ditingkat PKK terhitung 10-14 Desember nanti, namun pelaksanaannya masih akan menunggu selesainya pengunggahan Sirekap KPU sehingga bisa dilihat di website KPU.

"Kami mohon maaf saat ini baru sekitar 180-an dari 576 TPS, kendalanya adalah dijaringan, kemudian ini adalah hal baru sehingga kita butuh waktu untuk melaksanakannya," jelas dia.

Sebelumnya tim paslon Syamsul-Hendra (SAHE) merillis perolehan suara versi hitung berhasil merebut 43.101 suara (30 persen), kemudian ditempat kedua pasangan Fikri-Samuji dengan perolehan suara sebanyak 37.365 (26 persen).

Sedangkan tempat ketiga diraih pasangan M Faisal-Fatrolazi yang memperoleh suara sebanyak 32.022 (22 persen) dan tempat terakhir pasangan Susilawati-Ruswan YS memperoleh suara sebanyak 31.225 (22 persen).
 

Pewarta: Nur Muhamad

Editor : Musriadi


COPYRIGHT © ANTARA News Bengkulu 2020