Sukabumi  (Antara Bengkulu) - Kelompok Wanita Tani Kartini Mandiri di Kelurahan Tipar, Kota Sukabumi, Jawa Barat, mengembangkan usaha pembuatan kue brownies yang menggunakan bahan baku ikan lele.

"Pembuatan brownies dari ikan lele ini ide awalnya karena melihat potensi lele di daerah kami, sehingga diputuskan untuk mencari makanan unik dan timbul ide membuat brownies dari ikan lele," kata Ketua KWT Kartini Mandiri Ine Susanti kepada wartawan, Rabu.

Menurut Ine, usahanya tersebut sudah dikembangkan selama satu tahun bersama anggota kelompoknya, dan saat ini sudah mulai banyak peminat brownies ini sebab selain lezat, kadungan proteinnya pun tinggi karena lele merupakan ikan yang memiliki kadar protein cukup tinggi.

Lanjut dia, harganya cukup murah untuk satu potong brownies  dari Rp2 ribu sampai Rp30 ribu tergantung besarnya kue tersebut. Keuntungan dari penjualan kue ini akan dibagikan kembali ke anggota KWT, karena tujuan dibuatnya usaha ini untuk membantu wanita agar bisa mendapatkan penghasilannya di rumah.

"Kami masih terus mengembangkan usaha ini, walaupun penjualannya masih dalam tingkat lokal dan pemesannya baru dari daerah yang bertetangga dengan Kota Sukabumi tetapi sudah mempunyai langganan tetap. Kami berharap usaha ini bisa terus berkembang dan menembus pasar minimalnya nasional," tambahnya.

Dikatakannya, saat ini usaha yang dikembangkan kelompok ini sudah memiliki 22 anggota dan rencananya akan terus merekrut anggota baru untuk terus mengembangkan usaha kecil menengah (UKM) ini.

Selain kue brownies berbahan ikan lele, KWT ini  juga membuat makanan tradisional unik lainnya seperti dodol dari tomat telor asin, keripik pisang, dendeng sapi dan keripik bayam.

Bahkan, anggota KWT Kartini Mandiri ini akan diikutsertakan dalam progam kawasan rumah pangan lestari, di mana anggotanya akan dilatih untuk memanfaatkan lahan rumah yang kosong untuk dijadikan lahan produktif usaha.

"Nantinya kami pun akan diberikan bantuan benih sayuran serta buah dan setelah dipanen akan diolah untuk menjadi makanan untuk produk UKM," kata Ine. (Antara)

Pewarta: Oleh Aditya A Rohman

Editor : Helti Marini S


COPYRIGHT © ANTARA News Bengkulu 2013