Padangpanjang, Sumbar (Antara Bengkulu) - Jalan lintas Sumatera Padang-Bukittinggi yang melintasi Kota Padangpanjang akan ditutup dua kali pada pelaksanaan even balap sepeda Internasional Tour de Singkarak pada Selasa 4 Juni.

Kepala Kepolisian Resor Kota Padangpanjang AKBP Sofyan Hidayat, Senin, mengatakan penutupan jalan lintas tersebut terjadi dua kali pagi dan siang.

"Pagi satu jam sebelum start jalur Padangpanjang menuju Kota Padang akan ditutup sekitar pukul 09.00 sampai 10.00 Wib dan siang Jalur Padangpanjang - Bukittinggi akan ditutup mulai sekitar pukul 13.00 sampai 14.00 Wib," kata dia.

Selain jalur Padangpanjang - Bukittinggi, pihak kepolisian juga akan menutup jalur Padangpanjang - Batusangkar sekitar pukul 14.00 Wib yang menjadi lokasi finish.

Dia mengatakan, dalam melakukan penutupan jalur tersebut, Polres Padangpanjang bersama tim gabungan dari dinas dan instansi terkait akan menurunkan 291 personil.

"Mereka akan disebar di beberapa titik rawan seperti tikungan di silaing arah Kota Padang dari Kota Padangpanjang dan Jalur Padangpanjang-Bukittinggi," kata dia.

Kota Padangpanjang pada event balap sepeda TdS 2013 ini menjadi tuan rumah sebagai lokasi start Etape III yang merupakan rute terpanjang dengan jarak 206 Kilometer.

Etape III itu kata dia, memiliki rute Padangpanjang menuju Kabupaten Padangpariaman akan melintasi kawasan Lembah Anai, Kayu Tanam, Kota Pariaman dan terus ke Lubuk Basung Kabupaten Agam, kelok 44, Lawang, Simpang Padang lua dan kembali menuju Kota Padangpanjang dengan melintasi Koto baru Tanahdatar.

Selanjutnya, setelah kembali melintasi Kota Padangpanjang pembalap menuju Kecamatan Batipuh, Pariangan, Lima Kaum dan Finish di depan Istano Basa Pagaruyung.  (Antara)

Pewarta: Oleh Hamriadi

Editor : Helti Marini S


COPYRIGHT © ANTARA News Bengkulu 2013