Bengkulu (Antara Bengkulu) - Kantor wilayah Kementerian Agama Bengkulu bersama jajaran terkait melakukan geladi bersih untuk menyambut simulasi tim dari pusat menentukan Bengkulu menjadi embarkasi antara haji 2013.

"Simulasi timevaluasi embarkasi pusat akan ke Bengkulu, Selasa (4/6) untuk melihat sarana yang ada di Bengkulu mulai penampung haji, pembuatan paspor hingga kesiapan bandara," kata Asiten III Setwilda Bengkulu Sumardi, Senin.

Ia mengatakan, hasil dari tim yang dipimpin langsung Dirjen haji Kementerian Agama itu sangat menentukan bahwa Bengkulu resmi menjadi ambarkasi haji 2013.

"Kalau melihat persiapan dan sarana pendukung yang ada Bengkulu sudah layak menjadi embakasi antara pada 2013 karena jumlah haji daerah itu di atas 1.000 orang," ujarnya.

Jarak antara asrama haji dan lokasi pemondokan hanya 200 meter, sedangkan ke Bandara Fatmawati hanya 800 meter, semuanya sudah masuk dalam kretria ambarkasi, namun demikian keputusan tetap wewenang Kementerian, ujarnya.

Kepala Kanwil Kemenag Bengkulu H Suardi Abbas mengatakan, calon jamaah haji Bengkulu 2013 tercatat 1.614 orang dari sepuluh kabupaten/kota daerah itu.

Untuk menyambut tim simulasi pusat besok seluruh calon jamaah haji Kota Bengkulu sebanyak 360 orang, akan didampingi petugas dari instansi terkait serta sarana pendukung lainnya sudah disiapkan, ujarnya. (Antara)

Pewarta:

Editor : Helti Marini S


COPYRIGHT © ANTARA News Bengkulu 2013