Bengkulu (Antara Bengkulu) - Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Hatta Rajasa dijadwalkan akan membuka pekan daerah Kelompok Tani Nelayan Andalan (KTNA) tingkat Provinsi Bengkulu di Kabupaten Mukomuko.

"Menko Perekonomian dijadwalkan hadir untuk membuka acara karena Pak Hatta juga pembina KTNA nasional," kata Kepala Dinas Pertanian Provinsi Bengkulu Edi Nevian di Bengkulu, Jumat.

Ia mengatakan, Pekan Daerah KTNA wilayah Provinsi Bengkulu akan digelar di Kabupaten Mukomuko pada 22-27 Juni 2013

Selain dihadiri Menko Perekonomian, agenda tersebut juga direncanakan akan dihadiri Menteri Pertanian Suswono.

Kegiatan tahunan yang diikuti perwakilan petani dari 10 kabupaten dan kota dan undangan dari Provinsi Sumatra Barat dan Jambi.

Edi mengatakan pekan daerah KTNA ke-14 tersebut merupakan salah satu ajang promosi potensi pertanian, perkebunan dan peternakan daerah.

"Semua hasil pertanian yang menjadi unggulan kabupaten dan kota akan dipamerkan dan dilombakan," ujarnya.

Selain pameran, pada kegiatan itu juga digelar sarasehan tentang permasalahan-permasalahan yang dihadapi petani di daerah ini.

Menurutnya, persoalan alih fungsi lahan persawahan menjadi areal kebun sawit akan dibahas khusus.

"Karena di Mukomuko, laju alih fungsi ini cukup tinggi sehingga mengancam keberlanjutan produksi pangan," tambahnya.

Balai Pengkajian Teknologi Pertanian (BPTP) Provinsi Bengkulu juga akan menggelar temu teknologi yang menghadirkan pakar-pakar bidang pertanian dan peternakan.

Tentang persiapan panitia, ia mengatakan sudah mencapai 99 persen, termasuk penginapan para tamu.

Ia mengatakan hasil pekan daerah di Mukomuko diharapkan menjadi agenda persiapan Bengkulu untuk mengikuti pekan nasional 2014 yang akan digelar di Malang pada Juni 2014. (Antara)

Pewarta:

Editor : Helti Marini S


COPYRIGHT © ANTARA News Bengkulu 2013