Kupang (Antara Bengkulu) - Pemerintah Kota Kupang menyediakan dana sebanyak Rp200 juta untuk penyediaan sejumlah fasilitas dan acara hiburan bagi para sailor dalam ajang "Sail Komodo 2013" saat mendarat di Pantai Kupang, Agustus.

"Untuk penyambutan para sailor, Pemerintah Kota Kupang telah menyiapkan sejumlah acara dan pentasan seni yang akan disuguhkan pada para wisatawan itu," kata Kepala Dinas Pariwisata Kota Kupang Cornelis Kapitan di Kupang, Senin.

Dia mengatakan hal itu menjawab persiapan Pemerintah Kota Kupang sebagai tuan rumah "flag off" kegiatan Sail Komodo 2013.

Dia mengatakan sejumlah kegiatan dan acara serta pentas seni dan budaya sudah disiapkan matang untuk pada saatnya disuguhkan secara patut kepada semua tamu undangan serta para wisatawan dan peserta sail yang hadir pada acara pembuka tersebut.

"Sejumlah sanggar seni sudah siap dengan tarian dan lagu-lagu khas daerah dengan tata busana etnik yang khas," katanya.

Dia mengatakan pelaksanaan pentas seni dan budaya itu dilakukan, untuk menggairahkan kembali semua hasil seni dan budaya sejumlah etnis yang berada di wilayah ini, untuk ditampilkan, agar tetap lestrai dan terjaga mutu serta keasliannya.

"Kami menginginkan semua tarian seni dan hasil budaya etnis masing-masing daerah tidak mati dan untuk itu kita hidupkan kembali dalam ajang pentas seni itu," katanya.

Selain melakukan pentas seni dan budaya di lokasi tersebut juga akan diberikan ruang bagi pameran pangan dan kuliner lokal serta sejumlah hasil kerajinan lainnya dari setiap etnis yang ada.

"Kita harapakan semuanya bisa berjalan lancar demi memberikan dampak positif bagi kemajuan dan kesejahteraan masyarakat di daerah ini dari wisata," kata Cornelis. (Antara)

Pewarta: Oleh Yohanes Adrianus

Editor : Helti Marini S


COPYRIGHT © ANTARA News Bengkulu 2013