Rejanglebong (Antara Bengkulu) - PT Pegadaian Cabang Curup, Kabupaten Rejanglebong, Bengkulu, menawarkan layanan terbaru berupa pembayaran secara online tagihan listrik, air bersih, telepon dan isi ulang pulsa telepon selular.

"Nasabah dan masyarakat umum dapat memanfaatkan layanan multy pembayaran online atau MPO ini untuk pembayaran rekening listrik, telepon dan speedy, PDAM serta pembayaran tagihan pulsa telepon selular prabayar," kata Kepala Cabang PT Pegadaian Curup, Masnerol di Rejanglebong, Rabu.

Layanan pembayaran online Pegadaian setempat, kata dia, mulai beroperasi pada Mei 2013. Pembukaan layanan ini untuk memudahkan masyarakat dalam pembayaran rekening telepon dan speedy, listrik, PDAM dan pembayaran pulsa telepon genggam.

Selain itu juga bertujuan meningkatkan pendapatan Pegadaian di samping pendapatan dari berbagai produk jasa keuangan maupun penjualan emas batangan yang sudah ada.

Sementara itu pada tahun 2013 target gadai PT Pegadaian Curup, tambah dia, ditargetkan sebesar Rp55 miliar, yang hingga pertengahan Juni 2013 sudah terealisasi lebih dari Rp20 miliar.

Wilayah operasi Kantor Cabang yang terletak di ibukota Kabupaten Rejanglebong (Curup) itu mencakup Kabupaten Rejanglebong sendiri, Kabupaten Kepahiang dan Kabupaten Lebong.

Untuk memenuhi target ini Pegadaian Curup mengoptimalkan layanan jasa dan penjualan produk pada empat gerai disamping Kantor Cabang Pegadaian Curup, yaitu dua gerai di Kota Curup meliputi di kawasan Pasar Atas dan Pasar Tengah, satu gerai di Kabupaten Kepahiang dan satu gerai terletak di Kabupaten Lebong.

Mendekati bulan puasa atau Ramadhan dan hari raya Idul Fitri 1434 Hijriah dan memasuki tahun ajaran baru, menurut Masnerol, permintaan jasa pegadaian dari ketiga daerah diperkirakan akan meningkat hingga 50 persen.

"Akan banyak yang datang guna menggadaikan barang-barang berupa emas, kendaraan bermotor, perabotan elektronika dan lainnya, untuk mendapatkan dana atau kredit guna memenuhi kebutuhan anak sekolah maupun hari raya," katanya.

Aneka produk yang mereka siapkan antara lain kredit cepat aman (KCA) kredit dengan sistem gadai yang proses pelayanannya cepat mudah dan aman dengan agunan barang berupa perhiasan emas, kendaraan bermotor, barang elektronik dan lain-lain, dengan pengenaan jasa pinjaman dihitung per-15 hari dan jangka waktu kredit maksimum empat bulan.

Kredit angsuran sistem fidusia (Kreasi) yakni kredit pengembangan UMKM dengan besaran kredit Rp1 juta - Rp100 juta, dengan jaminan surat BPKB kendaraan roda dua maupun empat, yang sistem pengembalian pinjaman dilakukan melalui angsuran per-bulan dengan waktu satu hingga tiga tahun, dengan bunga satu persen.

Kemudian kredit serba usaha (Kresna), kredit pinjaman kepada karyawan dalam rangka kegiatan produktif atau konsumtif dengan pengembalian secara angsuran dengan jangka 12-36 bulan.

Kredit angsuran sistem gadai (Krasida) dan kredit usaha rumah tangga atau Krista. Sedangkan jasa lainnya ialah penitipan barang-barang atau surat berharga bagi warga yang akan bepergian meninggalkan rumah dalam waktu lama, serta jasa pengiriman uang secara instan, cepat dan aman (Kucica).

Pewarta:

Editor : Musriadi


COPYRIGHT © ANTARA News Bengkulu 2013