Rejanglebong  (ANTARA Bengkulu) - Warga desa terpencil di Kabupaten Rejanglebong, Bengkulu, akan menerima bantuan empat unit kendaraan angkutan pedesaan dari pemerintah pusat.

"Dana pengadaan empat unit kendaraan angkutan pedesaan ini dialokasikan pemerintah pusat ke Pemkab Rejang Lebong dalam bentuk dana alokasi khusus (DAK) pada 2012 senilai  Rp570,7 juta," kata Kepala Bidang Angkutan Dinas Perhubungan Komunikasi dan Informatika Rejanglebong Gustisaf, Jumat.

Ia menjelaskan, rencananya dana ini akan digunakan untuk pembelian empat kendaraan merek Toyota Hilux.

Pengadaan empat kendaraan untuk angkutan pedesaan ini kata dia, akan diberikan kepada empat desa yang termasuk dalam kategori terpencil sehingga nantinya dapat menjadi saran angkutan baik penumpang maupun barang.

Untuk penggunaan kendaraan tersebut nantinya akan dikoordinir dan diawasi oleh pihak kecamatan.

Pengadaan kendaraan ini tambah dia, akan dilaksanakan pada April mendatang dan saat ini pihaknya masih menunggu penetapan empat desa yang bakal menerima kendaraan itu dari pemkab setempat.

Diharapkan dengan adanya penambahan kendaraan untuk angkutan desa terpencil ini nantinya dapat menjadi sarana angkutan masyarakat desa yang selama ini belum memiliki sarana angkutan umum tetap, sehingga memudahkan pengangkutan barang maupun penumpang ke desa-desa lainnya.  

Pada 2009 dan 2010 Pemkab Rejanglebong juga menerima enam unit kendaraan untuk desa tertinggal dari Kementerian PDT, seterusnya diberikan kepada pihak kecamatan khususnya di kawasan Lembak seperti Kecamatan Kota Padang, Sindang Beliti Ilir, Sindang Beliti Ulu dan beberapa kecamatan terpencil lainnya.(NMD)

Pewarta:

Editor : Indra Gultom


COPYRIGHT © ANTARA News Bengkulu 2012