Dewan Kerajian Nasional Daerah Kabupaten Mukomuko terpilih mewakili Provinsi Bengkulu dalam lomba “Cerita Wastra”, lomba foto menggunakan kebaya dan batik tradisional ke tingkat nasional.

Ketua Dekranasda Kabupaten Mukomuko T. Nurliyana Absjah melalui Sekretaris Dekranasda Nurdiana di Mukomuko, Rabu mengatakan daerah ini terpilih mewakili Provinsi Bengkulu dalam lomba Cerita Wastra tingkat nasional setelah menjadi terbaik pertama lomba Cerita Wastra yang digelar oleh Dekranasda Provinsi Bengkulu.

“Dekranasda daerah ini juga menjadi juara favorit karena mendapatkan dukungan “Like” melalui media sosial terbanyak dalam lomba Cerita Wastra yang digelar oleh Dekranasda Provinsi Bengkulu,” ujarnya.

Lomba Cerita Wastra ini merupakan ajang kompetisi foto menggunakan kebaya dan batik tradisional daerah Bengkulu yang digelar Dekranasda Provinsi Bengkulu.

Setiap peserta mengunggah foto terbaik di media daring Instagram dan Facebook dari tanggal 24 Maret-12 April 2021.

Ia mengatakan, pihak sangat bangga dengan hasil ini, dan diharapkan dengan adanya perlombaan seperti ini dan disiarkan melalui media massa membuat masyarakat terutama daerah ini yang selama ini belum tahu menjadi lebih mengenal Batik Tando Pusako.

Kain Batik Tando Pusako ini menggambarkan tentang kekayaan flora dan fauna yang dimiliki oleh Kabupaten Mukomuko. Ikan Mikih dan Lokan yang merupakan makanan khas daerah ini, dipadukan dengan kelapa sawit yang menjadi sumber ekonomi utama masyarakat setempat

Kemudian penggabungan cerano sebagai simbol masyarakat Mukomuko berpegang teguh terhadap adat-istiadat, dibalut dengan harmonisasi Bunga Rafflesia dan motif besurek melahirkan kain Batik Tando Pusako yang memancarkan pesona keindahan.

“Kita bertekad kain Batik Tando Pusako ini menjadi sarana memperkenalkan daerah di kancah nasional bahkan internasional. InsyaAllah kita akan terlibat aktif dalam ragam pameran, baik di tingkat daerah, provinsi maupun nasional dalam rangka memperkenalkan kain batik dari Kabupaten Mukomuko ini,” ujarnya.

Pewarta: Ferri Aryanto

Editor : Musriadi


COPYRIGHT © ANTARA News Bengkulu 2021