Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Kabupaten Rejang Lebong menyebutkan Pemerintah Provinsi Bengkulu tahun depan membangun stadion mini di Kecamatan Bermani Ulu.

Kepala Dispora Kabupaten Rejang Lebong Noprianto di Rejang Lebong, Kamis, mengatakan stadion mini tersebut akan dibangun oleh Pemprov Bengkulu di lahan seluas satu hektare di areal "sport center" di Desa Dataran Tapus, Kecamatan Bermani Ulu Raya.

"Untuk anggaran dan pembangunannya oleh Pemprov Bengkulu, kita hanya menyediakan lahannya saja. Kegiatan ini akan dilaksanakan tahun 2022 mendatang dan tahun ini baru penyiapan lahannya dahulu," kata dia.

Dia mengatakan pihak pemprov akan meninjau lokasi bakal tempat pembangunan stadion mini tersebut.

Dalam pembangunannya, katanya, selain daerah penerima bantuan harus menyediakan lahan juga harus dimatangkan terlebih dahulu, karena Pemprov Bengkulu tidak menganggarkan biaya pematangan lahan.

"Lokasi yang akan dibangun seluas satu hektare dan tanahnya harus datar, sedangkan lokasi milik kita itu tidak semuanya datar sehingga harus diratakan dahulu. Nanti dalam APBD perubahan ini akan kita masukan anggaran untuk meratakannya dan terlebih dahulu akan kita koordinasikan dengan Dinas PU supaya mereka mengerjakannya," kata dia.

Sejauh ini, Pemkab Rejang Lebong sudah menyiapkan lahan seluas 7,9 hektare di kawasan Desa Dataran Tapus, Kecamatan Bermani Ulu Raya guna dibangun berbagai sarana kegiatan olahraga dan pelatihan keterampilan kerja di daerah itu.

"Luas keseluruhan lahan Sport Center Pemkab Rejang Lebong ini mencapai 7,9 hektare, di mana dari luasan itu yang sudah memiliki sertifikat seluas 4,5 hektare. Di lokasi ini sebelumnya direncanakan akan dibangun pusat kegiatan olahraga, balai latihan kerja (BLK), dan gedung lainnya," kata dia.

Keberadaan lahan "sport center" itu, sebelumnya juga sudah diusulkan pemerintah pusat guna dibangun sarana dan prasarana pendukung dalam bidang olahraga dan kegiatan kepemudaan. Oleh karena pandemi COVID-19, usulan itu belum dikirimkan ke pemerintah pusat.

Pewarta: Nur Muhamad

Editor : Musriadi


COPYRIGHT © ANTARA News Bengkulu 2021