Palembang (Antara Bengkulu) - Belasan unit rumah toko di kawasan pasar tradisional Kelurahan 10 Ulu Palembang, Sabtu malam, hangus terbakar namun tidak ada korban jiwa dalam musibah tersebut.

Antara melaporkan dari lokasi kejadian, Minggu dini hari, bahwa sejumlah pemilik ruko itu tampak mencari barang-barang yang kemungkinan masih bisa dimanfaatkan dari bangunan yang rusak.

Menurut Akiong (45), salah satu pemilik ruko yang terbakar itu, seluruh hartanya ludes terbakar, dan tidak bisa diselamatkan lagi karena api sangat cepat menghanguskan bangunan rukonya.

Namun, seluruh anggota keluarganya berhasil menyelamatkan diri, katanya.

Mengenai penyebab kebakaran, Akiong mengatakan dia tidak mengetahuinya namun asal api diduga berasal dari salah satu rumah warga di dekat Sungai Musi.

Menurut dia, api cepat merambat ke belasan ruko dan para petugas dari sejumlah mobil pemadam kebakaran Pemkot Palembang bahu membahu bersama warga setempat memadamkan api.

Upaya itu membuahkan hasil dan api dapat dikuasai sekitar pukul 23.00 WIB, katanya.

Sementara itu, Nazarudin, petugas pemadam kebakaran Kabupaten Ogan Ilir, mengatakan pihaknya belum mengetahui penyebab kebakaran namun tidak ada laporan korban jiwa dalam musibah itu.

Rumah warga yang terbakar tersebut berhadapan dengan kelenteng dan berjarak sekitar 30 meter dari pusat pasar tradisional Kelurahan 10 Ulu.

Pada saat kejadian, para warga sedang berada di rumah mereka, dan suasana di luar rumah ramai sehingga kehadiran api cepat diketahui.

Petugas pemadam kebakaran tidak sulit mendapatkan sumber air dan menjangkau lokasi kebakaran yang dekat dengan Sungai Musi dan berada di pinggir jalan umum.(ant)

Pewarta: Oleh Muhammad Suparni

Editor : Ferri Aryanto


COPYRIGHT © ANTARA News Bengkulu 2013