Pemerintah Kabupaten Mukomuko, Provinsi Bengkulu, memberikan jaminan keselamatan kerja kepada 41 petugas kebersihan atau pasukan kuning melalui asuransi PT. Asuransi Umum Bumiputra Muda.

Bupati Mukomuko Sapuan di Mukomuko, Jumat, menyampaikan ucapan terima kasih kepada petugas kebersihan yang telah bekerja untuk daerah ini karena berkat peran mereka daerah ini bersih dari sampah.

“Sudah semestinya pemerintah memberikan perhatian kepada petugas kebersihan, salah satunya yang dapat direalisasikan tahun ini, yaitu asuransi keselamatan kerja bagi petugas kebersihan,” ujarnya.

Bupati Sapuan berjanji akan memikirkan berbagai tunjangan lainnya untuk menambahkan pendapatan dan meningkatkan kesejahteraan para petugas kebersihan di daerah ini secara bertahap.

"Khususnya untuk pembayaran gaji, kami akan upayakan bisa dibayar rutin setiap bulannya. Jadi saudara-saudari bisa mengaturnya untuk kebutuhan sehari-hari," ujarnya pula.

Kemudian Bupati Sapuan juga mengingatkan kepada semua petugas kebersihan dalam melakukan aktivitas pekerjaannya untuk tetap mematuhi protokol kesehatan guna mencegah penyebaran virus corona.

Dalam kesempatan itu pula, Bupati Sapuan selain menyerahkan kartu asuransi kepada petugas kebersihan sekaligus memberikan bingkisan lebaran Hari Raya Idul Fitri 1442 Hijriah.

Pelaksana tugas Kadis LH Kabupaten Mukomuko Abdiyanto mengatakan pemerintah setempat mengalokasikan dana sebesar Rp12,3 juta dalam APBD 2021 untuk membayar premi asuransi bagi sebanyak 41 petugas kebersihan di daerah ini.

Pemerintah setempat membayar premi asuransi keselamatan kerja bagi petugas kebersihan sebesar Rp300 ribu per orang selama setahun.

Ia menjelaskan, manfaat atau jaminan yang bisa diterima oleh para pemegang kartu asuransi, yakni jika meninggal akibat kecelakaan bisa menerima uang pertanggungan sebesar Rp20 juta, jika mengalami cacat tetap akibat kecelakaan juga mendapat uang pertanggungan Rp20 juta.

Kemudian, meninggal dunia biasa bakal mendapat pertanggungan sebesar Rp10 juta. Pemegang kartu juga bisa mendapat biaya pengobatan akibat kecelakaan sebesar Rp2 juta.

Pewarta: Ferri Aryanto

Editor : Musriadi


COPYRIGHT © ANTARA News Bengkulu 2021