Palembang (Antara Bengkulu) - Arus mudik di jalan lintas tengah Sumatera yang menghubungkan Kota Bengkulu dengan Kota Palembang sekarang ini terganggu akibat salah satu jembatan di wilayah Kabupaten Musi Banyuasin, Sumatera Selatan amblas.

"Jalan lintas tengah (Jalinteng) Sumatera tepatnya di Desa Mangunjaya, Kecamatan Babat Toman, Kabupaten Musi Banyuasin (Muba) tidak bisa dilewati mulai Minggu (4/8) malam karena salah satu jembatan di jalan tersebut amblas," kata Welly salah seorang sopir travel jurusan Palembang-Bengkulu di Palembang, Senin.

Menurutnya, akibat kerusakan pada jembatan di Desa Mangunjaya itu, kendaraan yang akan melakukan perjalanan ke Kabupaten Musirawas, Lubuklinggau dan Provinsi Bengkulu atau sebaliknya ke Palembang harus berbalik arah dan mencari jalan alternatif terdekat karena tidak mungkin bisa diperbaiki dan dilewati dalam waktu dekat.

Untuk tetap bisa melanjutkan perjalanan, pengemudi kendaraan bermotor pribadi dan angkutan umum harus berbalik arah menuju jalan Pendopo, Kabupaten Empat Lawang, Sumsel yang merupakan satu-satunya jalan alternatif terdekat dari jembatan amblas itu, katanya.

Dijelaskannya, akibat salah satu jembatan di Jalinteng Desa Mangunjaya, Kabupaten Muba tepatnya pada kilometer 163 mengalami kerusakan perjalanan masyarakat yang akan mudik lebaran terganggu

Sebagai gambaran, penumpang yang berangkat dari Bengkulu Minggu siang seharusnya jika kondisi jalan lancar pada tengah malam sudah sampai ke  Palembang namun akibat jalan terputus oleh jembatan yang amblas perjalanan terlambat hingga tujuh jam dan baru bisa tiba Senin (5/8) pagi ini.

Melihat kondisi jalan tersebut tidak mungkin bisa normal dalam waktu dekat, masyarakat yang akan melakukan perjalanan mudik melintasi Jalinteng tersebut untuk mempersiapkan diri dan kendaraan secara maksimal sehingga bisa melalui jalan alternatif dengan baik, kata Welly.  

Sementara Kasat Lantas Polres Muba AKP Kadek Ary Mahardika mengatakan, pihaknya menempatkan petugas di lokasi jembatan yang amblas dan jalan menuju jembatan tersebut untuk memberikan informasi Jalinteng kilometer 163 di Desa Mangunjaya tidak bisa dilewati dan mengarahkan pengemudi kendaraan agar berbalik arah atau mencari jalan alternatif terdekat sesuai dengan tujuan.

"Kendaraan dari arah Kota Palembang yang telah terlanjur melintas di Jalinteng wilayah Kabupaten Muba tersebut diarahkan untuk berbalik arah mencari jalan alternatif seperti melalui jalan Kecamatan Sungai Keruh menuju Kabupaten Empat Lawang jika ingin melakukan perjalanan ke Musirawas, Lubuklinggau, Sumsel atau ke Provinsi Bengkulu begitu juga sebaliknya," ujar AKP Kadek. (Antara)

Pewarta: Oleh Yudi Abdullah

Editor : Helti Marini S


COPYRIGHT © ANTARA News Bengkulu 2013