Mukomuko (Antara) - Masakan sup menggunakan bahan utama daging sapi segar masih menjadi menu andalan berbuka puasa hari terakhir atau makanan penutup di bulan Ramadhan 1434 Hijriah di Kabupaten Mukomuko, Provinsi Bengkulu.

"Masakan warga Mukomuko pada hari terakhir berbuka puasa sup daging sapi. Ada juga daging kerbau, dan masakan seperti itu sama dengan wilayah Padang," kata Tokoh Agama Kabupaten Mukomuko, Ansari, di Mukomuko, Rabu.

Sehingga, kata dia, menjelang berbuka puasa hari terakhir bulan Ramadhan warga setempat banyak yang membutuhkan daging untuk membuat masakan sup dari bahan daging tersebut.

"Setiap tahun menjelang lebaran warga butuh daging sangat banyak karena mereka ingin membuat sup dan masakan itu menjadi tradisi turun temurun sejak lama di daerah ini," katanya.

Karena tradisi atau kebiasaan itu, menurut dia, sehingga kurang lengkap jika berbuka pada hari terakhir bulan Ramadhan di daerah itu tidak ada menu masakan sup daging.

Sedangkan kue yang dinikmati pada berbuka hari terakhir bulan Ramadahan itu yakni ketupat bahan beras ketan dan "lepek pendek" sejenis tepung yang dimasak dan dibungkus daun pisang.

Dua jenis kue tersebut, kata dia, telah dipersiapkan pada hari hari terakhir bulan puasa untuk disajikan sebagai kue pada hari raya Idul Fitri pertama di daerah itu.

"Masakan sup daging, ketupat, dan Lepek pendek akan terus menjadi menu utama warga masyarakat di Mukomuko pada Lebaran tahun ini dan Lebaran Lebaran sebelumnya," ujarnya lagi.

Pewarta:

Editor : Helti Marini S


COPYRIGHT © ANTARA News Bengkulu 2013