Palembang (Antara Bengkulu) - Sebanyak 368 masakan non-hewani dari berbagai daerah di Indonesia ditampilkan dalam pameran makanan vegetarian bertajuk "Vegan Fiesta" di Gedung Sekolah Maitreyawira Palembang, Sumatera Selatan, Sabtu.

Ke-368 jenis masakan tersebut disajikan oleh puluhan koki dari berbagai daerah di Indonesia untuk menarik minat warga, kata Ketua Indonesia Vegetarian Society Sumsel Jhonson Susanto.

Jhonson selaku penyelenggara meyakini pameran makanan vegetarian dan demo memasak itu mempunyai daya tarik tersendiri terlebih digelar dalam suasana perayaan HUT Kemerdekaan RI, 17 Agustus 2013.

Sementara kupon belanja sebanyak 25.000 lembar masing-masing seharga Rp35.000 ludes dibeli pengunjung yang tertarik untuk mencoba aneka makanan berbasis nabati itu.

Menurut dia, sejak expo dibuka para pengunjung sudah menunjukkan antusiasmenya. Hal tersebut terlihat dari banyaknya tamu yang memadati Gedung Maitreyawira.

Menu yang disajikan pada pameran tersebut bervariasi, mulai penganan ringan khas Palembang tidak menggunakan ikan, mi telor yang selama ini dikenal identik dengan udang disajikan sedemikian rupa hingga menjadi mi berkaldu jamur yang lezat. Ada pula penganan roti dan kue dibuat tanpa menggunakan susu maupun telur.

Menurut Jhonson, demo memasak dan seminar kesehatan itu bagian dari pameran makanan vegetarian terbesar di Indonesia.

Pameran makanan tersebut juga dimaksudkan untuk menarik minat masyarakat menggemari menu vegetarian dan mengurangi masakan hewani.

Dijelaskannya, acara itu memiliki misi untuk menunjukkan kepada masyarakat luas bahwa menu vegetarian tidak hanya sayuran tertentu, namun dapat dikreasikan dengan mengadaptasi makanan umum.

 "Vegan adalah pola makan paling sehat dan aman saat ini," katanya.

Ia yakin, dengan pola makanan vegan siapapun akan bebas dari bahaya kanker dan memiliki kualitas hidup yang lebih baik.

Salah satu penyaji makanan vegetarian, Wewen, memaparkan untuk membuat masakan nabati tersebut tidak sulit, asal tahu teknik dan bahannya pas.

Pada acara tersebut disajikan 23 macam menu vegetarian hasil kreasi timnya. Salah satu unggulan menu yang disajikan adalah tempe dibungkus rumput laut dikreasikan mirip ikan digoreng tepung, katanya (Antara)

Pewarta: Oleh Muhammad Suparni

Editor : Helti Marini S


COPYRIGHT © ANTARA News Bengkulu 2013