Mukomuko (ANTARA Bengkulu) - Pemerintah Kabupaten Mukomuko Provinsi Bengkulu akan meningkatkan produksi pupuk organik dari daur ulang atau mengolah sampah rumah tangga di setiap desa.

"Ini merupakan salah satu program strategis bidang perekonomian rakyat yang akan kami laksanakan mulai tahun 2012 hingga seterusnya," kata Bupati Kabupaten Mukomuko Ichwan Yunus di Mukomuko, Minggu.

Ia mengatakan, program strategis pemerinta setempat ini bertujuan untuk meningkatkan perekonomian masyarakat terutama di perdesaan agar sampah tidak lagi membawa sumber penyakit.

"Sejak program ini dilaksanakan masyarakat, sampah apa saja agar diolah menjadi pupuk organik," kata dia.

Menurut dia, sampah yang telah diolah menjadi pupuk organik bisa dijual dan menambah pemasukan masyarakat, selain bisa digunakan sendiri untuk bahan penyubur tanaman masyarakat sendiri.

"Kami ingin program bidang perekonomian rakyat yang telah disusun bisa berdampak mengurangi angka kemiskinan di daerah ini," ujarnya lagi.

Program strategis lainnya, kata dia, diversifikasi peningkatan pendapatan perekonomian rakyat melalui program pertanian, pembangunan pasar, peningkatan pasar-pasar kecamatan dan desa.

Kemudian pembangunan dan pengembangan listrik perdesaan dengan program listrik DC hemat energi.

"Program bidang perekonomian rakyat pemerintah setempat itu telah dan akan dilaksanakan," katanya. (adv/-FTO)

Pewarta:

Editor : Ferri Aryanto


COPYRIGHT © ANTARA News Bengkulu 2012