PT Pertamina melalui layanan Pertashop mengklaim mampu memajukan ekonomi masyarakat desa di Provinsi Sulawesi Utara (Sulut) melalui pemerataan akses energi di wilayah itu.

"Pertamina terus mendorong pemerataan akses energi di seluruh sudut negeri, terutama di daerah yang jauh dari SPBU. Pertashop layanan one stop shopping produk Pertamina yang dapat dimiliki siapapun dengan harga lebih terjangkau dan keuntungan yang menjanjikan," kata Unit Managar Communication & Relation Pertamina Regional Sulawesi Laode Syarifuddin Mursali, di Manado, Kamis.

Pertashop berusaha menekan disparitas harga energi di suatu daerah, sehingga ongkos distribusi dapat ditekan dan harga bahan pokok dan kebutuhan lainnya menjadi semakin terjangkau.

Sejak diluncurkan pada tahun 2018, kemitraan Pertashop terus dikembangkan.

Program ini awalnya menggandeng Kementerian Dalam Negeri dengan tujuan memberikan apresiasi kepada desa berprestasi dan desa tertinggal dengan pembangunan modular yang dapat melayani penjualan BBM untuk menggerakkan ekonomi desa.

Setelah dinilai sukses, pada tahun 2020 Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi serta Kementerian Koperasi dan Usaha Kecil dan Menengah juga menggandeng Pertamina untuk bekerjasama dalam program ini.

Karena peminat Pertashop semakin banyak, katanya, Pertamina membuka kesempatan kepada masyarakat luas untuk dapat memiliki Pertashop. Kini Bank-Bank Himbara (Himpunan Bank Negara) juga telah bekerjasama dengan Pertamina memperluas akses terhadap energi.

Laode mengatakan, sejak tahun 2020 diwilayah Sulawesi telah beroperasi 128 Pertashop dengan peminat yang sudah dalam proses verifikasi dan menunggu operasi mencapai total 251 calon lokasi baru.

Khusus untuk wilayah Sulawesi Utara dan Gorontalo total sudah beroperasi 38 Pertashop dengan rincian 14 di Provinsi Gorontalo dan sisanya di Sulawesi Utara. Sementara peminat yang telah mendaftar dan dalam proses verifikasi dan persiapan operasi untuk 2 provinsi tersebut total mencapai 33 calon lokasi baru.

Beberapa keunggulan Pertashop antara lain menjual Produk resmi dari yang dipasok menggunakan mobil tangki Pertamina. Sehingga kehandalan pasokan dan kualitas produknya sangat terjamin.

Selain itu proses pendaftarannya sangat mudah dan transparan. Seluruh informasi dan pendaftaran kemitraan Pertashop dapat diakses secara teansparan dan realtime.

Syarat utamanya terdiri dari dua kriteria, yaitu administrasi persyaratan dan kriteria lokasi. Tak butuh syarat administrasi yang susah dan luas lahan yang tidak terlalu luas juga menjadi poin yang membuat Pertashop dilirik investor pemula.

Untuk pola kerjasamanya ada 3 tipe yang ditawarkan: Tipe Gold (210m² kapasitas tangki 3 Kilo Liter), Platinum (300m² kapasitas tanki 10 Kilo Liter), Diamond (500m² kapasitas tanki 10 Kilo Liter).

Perbedaan besaran lahan akan berpengaruh terhadap layanan bisnis nonfuel retail (NFR) / selain produk utama yang dapat beroperasi, misalkan agen pulsa, toko sembako, mini market, kafe/restoran, bengkel, dan bisnis turunan lainnya.

Bagi calon mitra yang berminat, seluruh biaya, informasi dan persyaratan seputar Pertashop dapat diakses melalui website kemitraan.pertamina.com dan apabila memerlukan konsultasi lebih lanjut dapat menghubungi Call Center Pertamina 135.
 

Pewarta: Nancy Lynda Tigauw

Editor : Musriadi


COPYRIGHT © ANTARA News Bengkulu 2021