Rejanglebong (Antara) - Sebanyak 11.856 pelajar yang menerima bantuan siswa miskin (BSM) di Kabupaten Rejanglebong, Provinsi Bengkulu, pada semester genap 2013 menerima dana tambahan manfaat sebesar Rp200 ribu.

"Dana tambahan manfaat ini berasal dari pusat dan diberikan khusus semester genap periode Juli - Desember sebesar Rp200 ribu yang diberikan kepada 11.856 pelajar yang tersebar dalam 15 kecamatan di Rejanglebong," kata Kepala Bidang Pendidikan Dasar pada Dinas Pendidikan Rejanglebong M Yamin di Rejanglebong, Sabtu.

Kalangan pelajar yang menerima dana tambahan tersebut kata dia, terdiri dari 8.912 pelajar SD dan pelajar SMP sebanyak 2.944 orang. Jika pada semester ganjil lalu pelajar SD perorangnya menerima dana BSM sebesar Rp350 ribu dan pelajar SMP sebesar Rp550 ribu, maka pada semester ganjil jumlahnya mengalami penurunan, untuk pelajar SD sebesar Rp225 ribu kemudian untuk pelajar SMP sebesar Rp375 ribu.

Penurunan nominal bantuan BSM pada periode Januari - Juli 2013, akibat adanya perubahan anggaran dari pemerintah pusat dalam APBN-P 2013, namun setelah dilakukan penambahan dana melalui tambahan manfaat jumlah yang diterima pelajar nilainya menjadi lebih besar bandingkan periode sebelumnya karena untuk pelajar SD menjadi Rp425 ribu, sedangkan untuk pelajar SMP menjadi Rp575 ribu.

Mekanisme pencairan BSM dan dana tambahan ini kata dia, dilakukan oleh lembaga penyalur yang ditunjuk seperti kantor pos ataupun bank. Kemudian dananya diberikan secara utuh tanpa ada pemotongan atau pungutan biaya apapun dan oleh pihak manapun serta dalam bentuk apapun.

Diharapkan dengan adanya bantuan BSM dan dana tambahan yang diterima kalangan pelajar tidak mampu di daerah itu nantinya dapat mendukung program pendidikan yang mereka jalani baik untuk keperluan membeli peralatan sekolah, buku maupun perlengkapan sekolah dan lainnya.

Pewarta:

Editor : Musriadi


COPYRIGHT © ANTARA News Bengkulu 2013