Johannesburg (Antara/AFP) - Didier Drogba, Samuel Eto'o, Asamoah Gyan, John Obi Mikel dan Jonathan Pitroipa berada di antara bintang-bintang sepak bola yang sedang mengejar tempat ke Piala Dunia 2014 ketika penyisihan untuk zona Afrika dimulai akhir minggu ini.

Tim nasional Pantai Gading berharap banyak kepada Drogba, pemain veteran yang dipercaya sebagai kapten itu pada pertandingan menghadapi Senegal di Abidjan.

Sementara penyerang dan juga kapten Eto'o yang mengurungkan niat untuk pensiun, juga menjadi andalan Kamerun saat berhadapan dengan Tunisia di Rades.

Ghana kembali berharap gol-gol dari ujung tombak Gyan saat menantang Mesir di Kumasi.

Setelah mengakhiri kemarau gol dalam 185 pertandingan Liga Utama Inggris, pemain tengah Obi Mikel asal Nigeria berharap bisa mencetak gol ke gawang Ethiopia pada pertandingan di Addis Ababa.

Sementara Pitroipa yang baru saja terpilih sebagai pemain terbaik Afrika 2013, siap untuk membuktikan kualitasnya saat membela Burkina Faso yang menghadapi Aljazair di Ouagadougou.

Pertandingan babak playoff zona Afrika terdiri atas lima pertandingan kandang-kandang dan pemenang akan melangkah ke putaran final Piala Dunia 2014 Brazil.

Jika Aljazair, Kamerun, Ghana, Pantai Gading dan Nigeria meraih kemenangan, maka negara Afrika tersebut akan kembali tampil di pesta sepak bola seperti di Piala Dunia 2010 Afrika Selatan.

Afrika Selatan yang juga tampil di Piala Dunia karena menjadi tuan rumah pada 2010, kali ini sudah tidak punya harapan untuk lolos.

Pantai Gading, tim papan atas Afrika, saat ini semakin percaya diri setelah mengalahkan Senegal pada penyisihan Piala Afrika 2013.

Mereka sudah unggul 2-0 di Dakar ketika para penonton melempar petasan ke lapangan dan membakar tribun penonton, membuat pertandingan terpaksa dihentikan.

Akibat larangan satu tahun bagi stadion tersebut untuk menggelar pertandingan internasional, maka pertandingan pertengahan November mendatang akan dialihkan ke Casablanca di Maroko.

Pelatih Pantai Gading Sabri Lamouchi kembali memanggil pemain bertahan Liverpool Kolo Toure (32 tahun), kakak pemain tengah Manchester City Yaya Toure.

Senegal memutuskan untuk mencoret Demba Ba karena pemain itu tidak bisa menjadi pemain inti di Chelsea, namun rekannya penyerang Papiss Cisse dari Newcastle siap kembali ke lapangan setelah mendapat skorsing satu pertandingan.

Pertandingan Sabtu akan menghadirkan tim yang sedang naik daun Burkina Faso menghadapi Aljazair dan  Pitroipa yang berdomisili di Perancis akan berusaha untuk membuktikan bahwa prestasi sebagai runner-up di Piala Afrika 2013 bukanlah sebuah kebetulan.

Tampil sebagai tim bukan unggulan, Burkina Faso secara mengejutkan berhasil melangkah sampai ke babak final setelah mengalahkan Ghana sebelum dihentikan Nigeria di partai puncak Piala Afrika lalu.

"Kami ingin membuktikan bahwa hasil di Piala Afrika di Afrika Selatan bukanlah sebuah kebetulan. Semua yang telah kami raih akan menjadi sia-sia jika kami gagal ke Brazil," katanya.

Sementara Aljazair mengalami mimpi buruk di Piala Afrika karena langsung tersingkir di babak pertama meski sebelumnya sempat diunggulkan sebagai calon juara. Tapi Aljazair secara perlahan mulai bangkit karena berhasil memimpin klasemen grup, mengungguli Mali.

Pada pertandingan lain, Tunisia berharap agar sejarah tidak lagi berulang pada pertandingan Minggu, ketika mereka pada pertandingan tandang dan kandang kepada Kamerun pada playoff Piala Dunia 1990.

Berikut jadwal pertandingan pertama babak playoff Piala Dunia 2014 Zona Afrika:
Sabtu:
Di Ouagadougou: Burkina Faso v Aljazair
Di Abidjan    : Pantai Gading vs Senegal

Minggu:
Di Addis Ababa: Ethiopia v Nigeria
Di Rades      : Tunisia v Kamerun

Selasa:
Di Kumasi     : Ghana v Mesir

Pertandingan kedua babak playoff berlangsung 16, 17, 19 November mendatang.

Catatan: Para pemenang akan lolos ke putaran final di Piala Dunia 2014 Brazil.

Pewarta:

Editor : Musriadi


COPYRIGHT © ANTARA News Bengkulu 2013