Madrid (Antara/AFP) - Pelatih tim nasional Spanyol Vicente Del Bosque mengatakan, Senin (Selasa WIB) bahwa ia berharap Piala Dunia 2014 mendatang akan lebih menyenangkan dibandingkan saat menjalani laga kualifikasi.

Juara bertahan itu hanya membutuhkan hasil imbang di laga kandang menghadapi Georgia di Albacete, Rabu WIB untuk menjamin tempat ke putaran final di Brazil pada Juni 2014 mendatang.

Meski berpeluang besar lolos bersama juara 1998 Perancis, Spanyol banyak mendapat kritik karena tampil kurang meyakinkan pada berbagai pertandingan penyisihan grup.

Hanya mampu mencetak 12 gol dari tujuh pertandingan kualifikasi menempatkan Spanyol sebagai tim Eropa paling tidak produktif.

Tapi Del Bosque tetap  yakin bahwa ketika menghadapi lawan-lawan yang lebih tangguh dan penuh petualangan, timnya akan menampilkan permainan lebih baik.

"Di pertandingan penyisihan grup, kami menampilkan empat partai yang buruk sehingga kami belum merasa puas dengan apa yang kami tampilkan, tapi terdapat tiga pertandingan dimana kami mampu menampilkan permainan terbaik," katanya.

"Di Paris pada Maret lalu, kami telah memperlihatkan kualitas permainan kami. Lawan tentu ingin menjaga wibawa mereka. Di Piala Dunia tidak akan seperti itu karena semua persaingan akan baik berat," kata Del Bosque.

Tim-tim yang sudah lolos adalah tim tangguh dan Piala Dunia mendatang akan sangat berbeda, lebih terbuka dan menyenangkan," katanya menambahkan.

Apa pun hasil yang nanti akan diraih di Albacete, pertandingan nanti akan menjadi istimewa bagi pahlawan lokal Andres Iniesta.

Pemain yang mencetak gol penentuan di final Piala Dunia 2010 itu berasal dari desa Fuenealbilla di daerah Albaceta, dimana telah dibangun patung sebagai penghargaan kepada Iniesta.

"Ketika mengetahui bahwa pertandingan digelar disana,  saya merasa sangat gembira," kata Iniesta.

"Dari sekarang sampai nanti selesai pertandingan, saya merasakan emosi yang sangat kuat. Saya berharap penonton bisa menikmati pertandingan karena tim nasional tidak selalu bisa tampil disana dan kita selalu bisa memenangi pertandingan kualifikasi di kandang," katanya.

Namun pemain berusia 29 tahun itu menolak anggapan bahwa ia seharusnya ditunjuk sebagai kapten, bukan kiper Iker Casillas atau rekan sesama asal klub Barcelona, Xavi.

Pada pertandingan nanti, Del Bosque diperkirakan akan melakukan perubahan susunan pemain dibanding susunan saat mengalahkan Belarusia 2-1, Jumat lalu.

Alvaro Negredo, penyerang asal Manchester City, kemungkinan akan mendapat tempat di barisan depan setelah Michu ternyata tidak tampil seperti yang diharapkan pada debut pertamanya di pertandingan internasional.

Pemain asal Real Sociedad Inigo Martinez juga berpeluang untuk mendapat pengalaman pertama menggunakan kostum tim nasional Spanyol menyusul cedera ringan yang dialami Gerard Pique dan Sergio Ramos.

Pewarta:

Editor : Musriadi


COPYRIGHT © ANTARA News Bengkulu 2013