Muntok (Antara Bengkulu) - Pemerintah Kabupaten Bangka Barat meyakini sejumlah durian varietas lokal akan menjuarai kontes yang akan digelar Provinsi Kepulauan Bangka Belitung (Babel) pada 2014 karena memiliki cita rasa khas sesuai kebutuhan pasar ekspor.

"Kami yakin enam varietas durian lokal yang meraih juara kontes durian tingkat Kabupaten Bangka Barat akan menjuarai lomba tingkat provinsi karena durian-durian itu memiliki kualitas sesuai kriteria dan standar penilaian dari para pakar durian," ujar Kepala Dinas Pertanian dan Peternakan Kabupaten Bangka Barat Suhadi di Muntok, Kamis.

Ia menjelaskan, durian varietas lokal yang dalam dua tahun terakhir menjuarai kontes durian tingkat Kabupaten Bangka Barat adalah durian Bara Api, Si Kambang, Si Botak, Tembaga Super dan Puteri Dewa, yang merupakan durian-durian unggul lokal dan sudah diakui kualitasnya oleh para pakar durian nasional yang menjadi juri pada gelaran kontes durian.

Menurut para pakar durian, kata Suhadi, varietas durian-durian Bangka Barat sebenarnya sudah layak ekspor dan bisa diusulkan menjadi durian varietas unggul nasional.

"Durian Namlung Petaling merupakan durian varietas unggul nasional yang aslinya dari Kabupaten Bangka Barat, tepatnya dari Kecamatan Jebus. Kami yakin durian yang akan kami ikutkan dalam kontes durian tingkat provinsi tidak jauh berbeda kualitasnya dari Namlung," kata dia.

Bahkan, katanya, ada dua jenis durian yang dinobatkan sebagai juara I pada dua gelaran kontes durian tingkat kabupaten yang kualitas rasanya berada di atas rasa durian Namlung.

"Dengan kondisi seperti itu kami yakin pada gelaran kontes durian tingkat provinsi perwakilan Bangka Barat akan mampu menyabet gelar juara dan kami akan usulkan durian itu untuk dijadikan variatas unggul nasional seperti Namlung," katanya.

Ia mengatakan, pemkab akan terus berupaya mencari durian-durian lokal yang berkualitas baik dan layak ekspor untuk dikembangkan menjadi bibit-bibit baru dan ditanam masyarakat.

Hal ini dilakukan untuk menjadikan Bangka Barat sebagai sentra durian, seperti yang pernah terjadi beberapa tahun lalu.

"Saat ini Bangka Barat merupakan salah satu penghasil durian terbesar nasional. Kami hanya kalah dari Kalimantan, namun Bangka Barat lebih banyak jenis dan rasanya," ujarnya.

Dengan potensi seperti itu, kata dia, pemkab dalam tiga tahun terakhir memfokuskan pengembangan durian lokal berkualitas di seluruh kecamatan. Selain membuka hamparan-hamparan baru, pemkab juga memberikan bantuan bibit unggul dan pupuk.

"Selain itu kami berikan pendampingan peningkatan keterampilan kepada para petani agar pengembangan kebun durian sesuai standar yang dianjurkan, kami juga berikan sentuhan tehnologi pertanian agar hasilnya lebih optimal," kata Suhadi. (Antara)

Pewarta: Oleh Donatus Dasapurna Putranta

Editor : Helti Marini S


COPYRIGHT © ANTARA News Bengkulu 2013