Hongkong (ANTARA/AFP) - Klub dari Korea Selatan Pohang Steelers mengalahkan tim dari Jepang Gamba Osaka dengan tiga gol tanpa balas pada laga Liga Champions Asia yang berlangsung Selasa.  

Tim lain dari Korea Selatan, Ulsan Hyundai, juga membukukan hasil bagus ketika menang 2-1 atas Beijing Guoan.

Dua klub dari Australia memperagakan pertandingan dengan hasil berbeda, ketika Brisbane Roar kandas 0-2 di tangan FC Tokyo sementara Adelaide United menang 2-1 lawan tim juara Uzbekistan, Bunyodkor, di Tashkent.

Steelers memimpin laga Grup E pada menit ke-19, ketika Kim Tae-Su mendapat peluang bagus di dekat kotak penalti saat menyambut umpan dari Shin Kwang-Hoon dan usahanya berhasil.  

Tim juara 2009 itu mendapat satu angka lagi tiga menit kemudian, setelah penjaga gawang Yosuke Fujigaya gagal memukul bola sehingga si kulit bundar menjalar ke arah pemain bertahan Pohang, Zoran Rendulic asal Serbia, yang dengan cepat menjebloskan bola ke gawang lawan.  

Derek Asamoah menciptakan gol ketiga pada menit ke-76, merupakan kekalahan besar klub itu dalam laga kandang laga Liga Champions.  

"Kami bermain amat bagus melawan tim bagus," kata pelatih Pohang Hwang Sun-Hong, "Pemain kami melakukan pekerjaan seperti yang kami rencanakan hari ini. Tapi kami harus lebih memperbaiki penampilan kami pada laga mendatang."  

Pelatih baru Gamba, Jose Carlos Serrao asal Brazil, menyatakan maaf kepada pendukungnya tentang kekalahan juara 2008 itu.  

"Bila kami berhasil memenangi pertandingan awal ini, maka ini merupakan awal yang baik dan berada pada posisi bagus dalam klasemen grup," katanya.  

"Ini merupakan kesalahan besar bagi kami dan kami harus memenangi pertandingan kandang agar lolos ke babak berikutnya," katanya.  

Pada laga Grup F, tim dari Jepang FC Tokyo mengawali penampilan pertama mereka dalam laga Liga Champions Asia dengan mengalahkan tim juaa Liga Australia, Brisbane Roar.

Tim tuan rumah mendominasi permainan tetapi tidak berhasil mengatasi permainan lawan yang gerakannya lebih cepat sampai akhirnya lahir gol FC Tokyo melalui Yazawa Tatsuya pada "injury time" babak kedua serta satu lagi melalui Hasegawa Ariajasuru 10 menit setelah turun minum.  

"Saya amat banggu dengan permainan tim saya karena merena mendemonstrasikan betapa potensinya permainan Jepang. Kami bermain amat cerdas dan kami selalu satu langkah di depan," kata pelatih Tokyo Ranko Popovic dari Serbia.  

Tim Australias Adelaide United mengalahkan juara Uzbekistan  Bunyodkor 2-1 di Tashkent lewat gol Nigel Boogard yang menggebrak dari pojok pada babak pertama serta satu lagi lewat Antony Golec pada babak kedua.  

Kamoliddin Murzoev mempertipis kekalahan tim Bunyodkor tapi mereka sudah tidak dapat menambahnya pada laga Grup E itu.  

Pada pertandingan Grup G, dua gol pada babak pertama untuk Ulsan Hyundai -- termasuk tembakan dari jarak 25 yard oleh pemain tengah Ko Seul-Ki -- cukup untuk mencetak kemenangan atas Beijing Guoan.

"Ini merupakan pertandingan kandang pertama tahun ini dan pemain menunjukkan permainan terbaik mereka," kata pelatih Ulsan, Kim Ho-Gon, yang menyaksikan timnya mengalahkan Steelers 1-0 pada pembuka laga Liga-K, Sabtu.  

Pada pertandingan lainnya Selasa, juara Arab Saudi dua kali Al Ittihad membukukan hasil bagus pada laga Grup B, ketika menang 4-0 atas tim raksasa dari Uzbekistan, Pakhtakor.  

Dua gol melalui Abdullah Abusabaan merupakan inspirasi hebat bagi tim Saudi itu kendati usaha mereka tertolong karena lawan mendapat hukuman kedua, ketika Aleksandr Kletskov pada menit ke-37, hanya enam menit setelah ia mendapat kartu kuning pertama, sehingga dikeluarkan dari lapangan. 
(Uu.SYS/C003)

Pewarta:

Editor : AWI-SEO&Digital Ads


COPYRIGHT © ANTARA News Bengkulu 2012