London (Antara/Reuters) - Inggris mengirimkan sebuah kapal perang angkatan laut dengan peralatan untuk membuat air minum dari air laut dan pesawat angkut militer untuk membantu upaya bantuan di Filipina, kata Perdana Menteri David Cameron Senin.

Dia mengatakan, HMS Daring akan memberikan bantuan kemanusiaan dan penerbangan dari helikopter  dan setidaknya satu pesawat angkut militer Boeing C-17 pesawat akan dialokasikan untuk melakukan
bantuan kemanusiaan ke daerah-daerah yang paling membutuhkan dan paling sulit dijangkau.

HMS Daring, saat ini sedang berada di dekat Singapura, akan segera dengan kecepatan penuh menuju ke zona bencana dan selanjutnya dengan dukungan Boeing C-17 Angkatan Udara Kerajaan (RAF) yang akan menjadi bantuan yang kuat untuk operasi bantuan," kata Cameron pada acara makan malam yang dihadiri oleh para pemimpin bisnis di London.

HMS Daring diperkirakan akan mencapai daerah bencana itu dalam lima hari dan C-17 dalam beberapa hari ke depan. Sekitar 200 personil militer akan dilibatkan.

Inggris telah dengan cepat memberikan responnya terhadap Topan Haiyan yang menghancurkan dan telah menewaskan sekitar 10.000 orang, membawa sumbangan senilai 10 juta poundsterling (16 juta dolar AS)  sejak bencana melanda.

Departemen Inggris untuk Pembangunan Internasional pada Sabtu menjanjikan bantuan awal enam juta pound (9,6 juta dolar AS) untuk membantu mendapatkan makanan, tempat tinggal dan air bersih kepada orang-orang yang membutuhkan.

Pewarta:

Editor : Musriadi


COPYRIGHT © ANTARA News Bengkulu 2013