Bengkulu,  (Antara) - Pemerintah Provinsi Bengkulu menetapkan bunga Rafflesia arnoldii menjadi maskot perhelatan Hari Pers Nasional (HPN) 2014 yang akan digelar di Kota Bengkulu.

"Sudah diputuskan, bunga raflesia menjadi maskot HPN 2014 Bengkulu," kata Kepala Dinas Perhubungan Komunikasi dan Informatika Provinsi Bengkulu, Eko Agusrianto.

Ia mengatakan maskot bunga raflesia dengan tatakan emas sudah disampaikan ke pengurus PWI pusat.

Tatakan emas melambangkan kejayaan pertambangan emas Bengkulu yang beroperasi sejak zaman kolonial Belanda.

"Untuk mengingatkan bahwa emas di tugu monumen nasional di Jakarta berasal dari Bengkulu, bahwa emas Bengkulu itu pernah jaya," katanya.

Sedangkan bunga raflesia dipilih, sebab Bengkulu identik dengan bunga raflesia, bahkan disebut "Bumi Rafflesia".

Maskot bunga raflesia kata dia juga untuk mempromosikan keberadaan puspa langka itu yang masih dapat ditemui di hutan-hutan Bengkulu.

"Ada juga ajakan dan imbauan untuk melestarikan kawasan hutan Bengkulu sehingga bunga raflesia ini tidak punah," katanya.

Eko mengakui, awalnya Pemda kesulitan untuk menetapkan maskot HPN 2014 yang akan digelar pada 1 Februari hingga 9 Februari 2014.

Ia mencontohkan daerah lain seperti Lampung yang sudah dikenal dengan gajah Waykambas, dan Sumatra Selatan yang sudah mengambil satwa harimau Sumatra sebagai maskot.

"Akhirnya raflesia menjadi pilihan kita, selain ajang promosi, Bengkulu juga identik dengan raflesia," ujarnya.

Saat ini desain maskot masih dalam tahap penyempurnaan di PWI pusat, sebab masih ada perbaikan dari segi warna, ukuran dan lainnya.

Setelah penyempurnaan tuntas di PWI pusat, pemerintah daerah akan merilis maskot HPN tersebut.

Puncak peringatan HPN direncanakan dihadiri Presiden Susilo Bambang Yudhoyono pada 9 Februari 2014.

Koordinator Peduli Puspa Langka Bengkulu Sofian Ramadhan mengatakan keputusan pemerintah menetapkan bunga raflesia sebagai maskot HPN sangat tepat.

"Bengkulu memiliki kekayaan alam flora yang sangat strategis untuk mempromosikan daerah ini sendiri," katanya.

Menurutnya, terdapat empat jenis bunga raflesia di hutan-hutan Bengkulu yakni Rafflesia arnoldii, Rafflesia hasselti, Rafflesia patma dan Rafflesia bengkuluensis.

*

Pewarta: Pewarta Helti Marini Sipayung

Editor : Triono Subagyo


COPYRIGHT © ANTARA News Bengkulu 2013