Bengkulu (Antara) - Guru besar Fakultas Ekonomi Universitas Bengkulu Prof Lizar Alfansi mengharapkan pemerintah Provinsi Bengkulu mengoptimalkan promosi potensi daerah saat Hari Pers Nasional yang akan digelar di Kota Bengkulu pada Februari 2014.

"Perhelatan Hari Pers Nasional 2014 di Bengkulu seharusnya berdampak luas dalam perekonomian Bengkulu jika dimanfaatkan seoptimal mungkin," katanya di Bengkulu, Minggu.  

Ia mengatakan, dampak terkecil adalah peningkatan perekonomian masyarakat Bengkulu baik dari segi pariwisata dan ekonomi kreatif.

Selain itu, agenda nasional yang mendatangkan sekitar 2.000 orang, dan semuanya dari kalangan media massa yang berperan penting dalam promosi Bengkulu.

Untuk itu, ia mengharapkan pemerintah daerah memanfaatkan dengan baik momentum tersebut untuk menggali potensi daerah.

"Kemudian, seluruh menteri bahkan presiden juga direncanakan hadir, tentu dampaknya akan lebih besar," tambahnya.

Saat pelaksanaan HPN yang direncanakan berlangsung pada 1 hingga 9 Februari 2014, industri kreatif masyarakat akan semakin tumbuh.

Sebab, para peserta secara otomatis akan menjadi wisatawan di Bengkulu.

"Disinilah ekonomi masyarakat berputar. Semakin banyak wisatawan tentu, industri kreatif masyarakat akan diminati," katanya.

Tidak hanya ekonomi kreatif masyarakat, hunian hotel dan restoran juga akan banyak pengunjungnya, dan para penyedia jasa perhotelan dan restoran diharapkan siap menyambut agenda nasional itu.

Lebih lanjut Alansi mengharapkan pemerintah lebih sering mengambil peran sebagai penyelenggara agenda nasional, seperti Sumatra Selatan yang merajai pelaksanaan agenda olahraga tingkat nasional.

"Secara tidak langsung promosi wisata akan berjalan. Seperti HPN ini banyak sekali dampak positif yang diperoleh masyarakat," ujarnya.

Ia mengharapkan momen HPN 2014 menjadi momen bangkitnya industri kreatif Bengkulu dan peluang tersebut harus dimanfaatkan seoptimal mungkin.

Sebelumnya Kepala Dinas Perhubungan Komunikasi dan Informatika Provinsi Bengkulu Eko Agusrianto mengatakan saat pelaksanaan HPN 2014 akan digelar Bengkulu Ekspo.

"Menyediakan lebih 100 stand yang menampilkan potensi masing-masing kabupaten dan kota serta sektor industri Bengkulu," katanya.

Ia mengatakan Dinas Perindustrian dan Perdagangan, Koperasi dan UKM juga akan menampilkan produk-produk industri kreatif.

Pewarta:

Editor : Musriadi


COPYRIGHT © ANTARA News Bengkulu 2013