Selasa, 17 Oktober 2017

Kabupaten Kaur pamerkan fosil pelepah pisang

id Kabupaten Kaur, fosil, pelepah pisang, HPN 2014
Bengkulu (Antara) - Dinas Perindustrian dan Perdagangan Kabupaten Kaur, Bengkulu memamerkan fosil pelepah pisang, kayu dan bambu pada pameran Hari Pers Nasional (HPN) Expo 2014 di kawasan wisata Pantai Panjang, Kota Bengkulu, Kamis.

"Ada fosil pelepah pisang, bambu dan kayu serta fosil satwa yang kami pamerkan," kata Kepala Badan Perencanan Pembangunan Daerah (Bappeda) Kabupaten Kaur, Sudoto di lokasi HPN Expo 2014, Kamis.

Ia mengatakan Kabupaten Kaur kaya akan potensi fosil flora fauna yang sudah membatu serta batu akik atau disebut juga batu cincin.

Pada pameran HPN expo 2014 kata dia, daerahnya memang khusus mengangkat potensi batu akik dan fosil flora dan fauna yang sudah diolah.

"Usia fosil ini diperkirakan cukup tua dan pengunjung bisa melihat langsung materi pameran kami di stan Kabupaten Kaur," katanya.

Sudoto mengatakan sesuai motto pemerintah daerah itu yakni membangun peradaban Kaur, potensi yang ditonjolkan pada pameran adalah sumber daya alam yang mendapat sentuhan tangan manusia sehingga menghasilkan nilai tambah.

Kepala Bidang Perindustrian Dinas Perindustrian dan Perdagangan Kabupaten Kaur, Harika mengatakan kekayaan alam berupa batu berharga cukup tinggi potensinya di Kaur.

"Ada batu giok asal Muarasahung dan batu krisoval yang merupakan batu langka, ada di Kaur," katanya.

Selain itu, wilayah Muarasahung di Kaur juga memiliki kekayaan batu akik jenis batu sulaiman dengan teratai tunggal.          
Perajin batu dari Kaur Ketut Sukarta mengatakan potensi batu baru dilirik setahun terakhir dimana ia sebelumnya fokus pada kerajinan ukir kayu dan seni lukis.

"Ternyata potensi batu dan fosil flora fauna di Kaur sangat tinggi, maka kami mulai tertarik bermain batu," katanya.

Pantauan di stan Kabupaten Kaur, fosil-fosil kayu, pelepah pisang, bambu dan sejumlah satwa itu sudah diolah sedemikian rupa sehingga menarik.

Fosil pelepah pisang yang dipamerkan dapat dilihat langsung oleh pengunjung. Pelepah pisang dengan serat-serat yang besar namun sudah membatu dijual dengan harga ratusan ribu.

"Untuk fosil flora dan fauna ini dijual dengan harga termurah Rp500 ribu," katanya.

Pameran HPN Expo 2014 akan dibuka pada Kamis (6/2) malam dan berlangsung hingga 10 Februari 2014.

Editor: Musriadi

COPYRIGHT © ANTARA 2014

Baca Juga