Dinas Kesehatan Kabupaten Mukomuko, Provinsi Bengkulu, menyatakan meskipun aparatur sipil negara libur Natal dan tahun baru (bataru), namun semua puskesmas di daerah tetap buka untuk memberikan pelayanan kesehatan kepada masyarakat.
 
"Semua puskemas tetap jalan seperti biasa, dan ada juga dua posko yang memberikan pelayanan kesehatan di Air Punggur dan perbatasan dengan Sumbar," kata Kabid Farmasi dan Sumber Daya Kesehatan Dinas Kesehatan Kabupaten Mukomuko Erik Prasetya di Mukomuko, Kamis.

Ia mengatakan, sebanyak 17 puskesmas termasuk delapan puskesmas sepanjang Jalinsum yang menghubungkan Bengkulu dengan Sumbar tetap "Stand by" atau bersiap selama 24 jam untuk memberikan pelayanan kesehatan kepada masyarakat.
 
Selain itu, katanya, ada beberapa petugas kesehatan yang bergabung di dua posko pengamanan di wilayah Air Punggur dan Kecamatan Lubuk Pinang untuk memberikan pelayanan kesehatan kepada masyarakat.
 
Ia mengatakan, meskipun ada aparatur sipil negara di bidang kesehatan yang libur Natal dan tahun baru, ada ada petugas piket yang bersiap selama 24 jam untuk memberikan pelayanan kesehatan kepada masyarakat.
 
"Kalau soal piket, pihak puskesmas masing-masing yang mengaturnya, kami hanya memastikan semua puskesmas di daerah ini tetap buka saat libur Natal dan tahun baru 2022," ujarnya.
 
Ia menyebutkan, sedikitnya dua hingga tiga orang petugas medis dan paramedis yang menjalankan tugas piket di setiap puskesmas yang disiagakan selama 24 jam untuk memberikan pelayanan kesehatan kepada masyarakat.
 
Selain itu, pihaknya juga menyiagakan ambulans di dua posko pelayanan dan pengamanan saat libur Natal dan tahun baru 2022 di wilayah Air Punggur dan Kecamatan Lubuk Pinang.
 
Selain itu, Dinkes juga menyiagakan sebanyak 11 mobil ambulans di 11 puskesmas perawatan dan rawat jalan di daerah dan sebanyak dua unit mobil ambulans di dua pospam saat libur Natal dan Tahun Baru.
 
 
“Kami juga menugaskan minimal sebanyak tiga orang tenaga medis dan paramedis di setiap pospam saat libur Natal dan tahun baru yang terdiri dari dokter, perawat dan bidan,” demikian 

Pewarta: Ferri Aryanto

Editor : Musriadi


COPYRIGHT © ANTARA News Bengkulu 2021