Mukomuko,  (Antara) - Dinas Kesehatan Kabupaten Mukomuko, Provinsi Bengkulu, bekerjasama dengan tim pembina kesejahteraan keluarga setempat memberikan pelayanan pemeriksaan "Ultra sonografi" (USG) gratis bagi ibu hamil di lima kecamatan di daerah itu.

"Pelayanan USG gratis ini kerjasama dengan tim pembina kesejahteraan keluarga (PKK)agar ibu hamil mengetahui, selain jenis kelamin anaknya, juga kondisi kesehatannya," kata Kabid Bina Kesehatan Masyarakat Dinas Kesehatan Kabupaten Mukomuko, Junharto, di Mukomuko.

Sehingga, kata dia, ibu saat hamil bisa maksimal dalam menjaga kesehatannya hingga bayinya lahir dengan selamat.

Menurut dia, kegiatan ini juga bertujuan untuk mencegah kematian ibu saat melahirkan.

Ia mengatakan, kegiatan USG gratis ini telah berjalan beberapa bulan terakhir, dan kegiatan ini kerja sama dengan Tim Pembina Kesejahteraan Keluarga (PKK).

Ia menyebutkan, warga di lima kecamatan di daerah ini yang telah diberikan pelayanan USG gratis, bertahap warga di sebanyak 10 kecamatan yang akan diberikan pelayanan USG gratis.

"Kami di dinas ini membantu tenaga medis bidang kesehatan memberikan pelayanan ke kecamatan dan desa," ujarnya.

Selain pelayanan itu, pihaknya juga memberikan pelayanan pemeriksaan mata, pembagian alat kontrasepsi (Alkon) gratis program keluarga berencana (KB).

Disebutkannya, pelayanan USG gratis telah diberikan kepada warga satuan pemukiman (SP) VI, Desa Lalang Luas, Desa Suka Maju, dan Kecamatan Penarik.

*

Pewarta: Oleh Ferri Arianto

Editor : Triono Subagyo


COPYRIGHT © ANTARA News Bengkulu 2013