Bengkulu (ANTARA Bengkulu) - Harga bahan bangunan, terutama jenis besi beton terjadi kenaikan tipis  rata-rata Rp1.000/batang dan besi ukuran 12 melimeter (mm) masih bertahan.

Untuk besi beton ukuran 6 mm naik menjadi Rp13.100 dari sebelumnya Rp12.100/batang, besi ukuran 8 mm menjadi Rp37.100 dari Rp36.100/batang, kata seorang pedagang bahan bangunan di Kota Bengkulu Syafrudin, Selasa.

Ia menjelaskan, untuk harga jenis besi beton ukuran 10 mm naik menjadi Rp57.100 dari sebelumnya Rp56.100 per batang dan besi ukuran 12 mm dijual pedagang 81.550 perbatang dan stok cukup.

Sedangkan semen dan lainnya pada tingkat pedagang toko hingga pekan ini bertahan, setelah sebelumnya terjadi naik tipis. Harga bahan bangunan itu diperkirakan kembali naik setelah April 2012 terkait isu kenaikan harga BBM, sedangkan biaya angkutan sudah lebih dulu naik.

Meskipun harga mulai berangsur tinggi namun permintaan masih seperti biasa, biasanya permintahaan bahan bnangunan meningkat setelah berbagai proyek pemerintah sudah berjalan.

Biasanya proyek pemerintah itu mulai berjalan sekitar bulan Meret ke atas, sedangkan permintaan sekarang sebagian besar pribadi.

Stok bahan bangunan pada toko dan distributor saat ini cukup banyak dalam rangka memenuhi kebutuhan untuk pelaksanaan pembangunan proyek pemerintah maupu per orangan di Bengkulu.

Harga bahan bangunan lainnya seperti, pasir batu dan bahan lainnya tetap stabil, akibat berbagai proyek pemerintah belum berjalan maksimal, sedangkan stok cukup.

Kabid Perdagangan Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Perindag) Kota Bengkulu Rahman mengatakan, saat ini stok bahan bangunan cukup dan permintaan belum meningkat.

Permintaan akan bahan bangunan itu meningkat bila berbagai proyek pemerintah sudah berjalan normal, katanya.(Z005)

Pewarta:

Editor : Usmin


COPYRIGHT © ANTARA News Bengkulu 2012