Winston-Salem, Carolina Utara (Antara/Reuters) - Badai musim dingin, yang menyebabkan setidak-tidaknya enam orang tewas, menghantam wilayah selatan Amerika Serikat pada Selasa.

Ahli cuaca memperingatkan bahwa es dapat mengganggu perjalanan darat dan menyebabkan jaringan listrik putus dalam beberapa hari ke depan.

Badai bercampur hujan, salju tebal dan es melanda wilayah Selatan (U.S South) adalah bagian bersejarah, kata Badan Cuaca Nasional (NWS) di Peachtree City, Georgia.

"Ada kemungkinan itu akan menjadi malapetaka," dengan es dapat menyebabkan pohon-pohon dan tiang-tiang listrik tumbang, kata Brian Lynn, seorang pakar meteorologi.

Badai itu diperkirakan akan datang dari Texas timur ke negara-negara bagian Carolina dan Middle Atlantic pada Rabu malam.

Salju tebal akan melanda New England pada Kamis pagi, kata badan cuaca.

Keadaan di Selatan diperkirakan akan memburuk Rabu malam, dengan es setebal 2,5 cm diperkirakan melanda Georgia dan South Carolina tengah.

Lima sampai 15 cm salju turun di Georgia utara pada Selasa, dengan 15 sampai 25cm diperkirakan akan terjadi pada Kamis pagi.

Tetapi Dan Darbe, seorang ahli cuaca, mengatakan es adalah lebih mengkhawatirkan, dengan 0,6 sampai 2 cm diperkirkan akan melanda  daerah itu, termasuk Atlanta metropolitan.

Badai es kuat terakhir di wilayah itu terjadi di wilayah pada Januari 2000, ketika ketebalan es mencapai 1,3cm yang menyebabkan lebih dari 350,000 orang tanpa aliran listrik, kata Darbe.

Sementara itu Presiden Barack Obama menandatangani satu deklarasi keadaan darurat bagi Georgia. Gubernur Alabama, Calolina Utara, Carolina Selatan dan Mississippi, mengumumkan darurat cuaca dan Gubernur Georgia, Nathan Deal menandatangani satu perintah eksekutif untuk menutup layanan pemerintah negara bagian itu pada Rabu.

Badai itu menyebabkan dua orang tewas dalam kecelakaan lalu lintas akibat cuaca di Mississippi, dan tiga di Texas selatan, kata pihak berwenang.

Seorang petugas pemadam kebakaran Dallas juga tewas ketika mobilnya tergelincir menghantam sebuah mobil yang sedang parkir dan ia jatuh dari sebuah jembatan jalan raya.

Para pejabat segera membuat rencana untuk menangani sehubungan cuaca setelah dikritik menyangkut persiapan yang tidak memadai sebelum satu badai dua pekan lalu. Badai itu melumpuhkan jalan daerah Atlanta dan memaksa lebih dari 11.000 siswa Alabama bermalam di sekolah mereka dan kantor tutup dari Texas sampai Carolina Utara pada Selasa. Pada Rabu lebih banyak lagi yang tutup.

Amtrak, layanan kereta api penumpang AS membatalkan perjalanan kereta api di negara-negara bagian Tenggara dan Middle Atlantic.

Sekitar 1.300 penerbangan AS dibatalkan dan 3.500 lainnya ditunda Selasa, kata laman FlightAware.com.

Pewarta:

Editor : Musriadi


COPYRIGHT © ANTARA News Bengkulu 2014