Rejanglebong (Antara) -  Tim dewan pertimbangan otonomi daerah (DPOD) lintas kementerian pusat meninjau kesiapan wilayah Lembak guna dimekarkan dari Kabupaten Rejanglebong, Bengkulu, Sabtu (15/2).

"Kedatangan kami ke daerah ini guna melihat dan mengecek secara langsung kesiapan calon Kabupaten Lembak sebelum proposal pemekarannya dibahas pihak komisi II DPR-RI pada 6 Maret 2014 mendatang," kata ketua tim DPOD lintas kementerian, Thurman Sitorus.

Dalam pertemuan dengan sejumlah pejabat dari Pemprov Bengkulu, kemudian dari Pemkab Rejanglebong serta para tokoh presidium pemekaran Lembak dan kalangan masyarakat setempat yang dilaksanakan di balai pertemuan Kecamatan Padang Ulak Tanding, Thurman Sitorus juga menyebutkan pentingnya penentuan titik koordinat wilayah serta tapal batas dengan daerah-daerah lainnya supaya tidak timbul permasalahan sengketa wilayah kemudian hari.

Untuk itu dia mengimbau pihak pemkab daerah itu dan presidium pemekaran wilayah agar segera menentukan titik koordinat wilayah calon daerah yang akan dimekarkan kendati sudah ada persetujuan tapal batas antar daerah serta peta wilayah karena untuk persyaratan dan administrasi pemekaran semuanya sudah terpenuhi.

Sementara pembina presidium pemekaran Kabupaten Lembak, Surya Gani mengatakan, pemekaran daerah itu dari Kabupaten Rejanglebong saat ini tinggal selangkah lagi, berbagai persyaratan pendukung sudah mereka penuhi.

"Pemekaran Kabupaten Lembak tinggal selangkah lagi, untuk itu mari kita dukung dan jaga sehingga prosesnya tidak terganjal. Pemekaran Lembak harus segera dilaksanakan sehingga berbagai ketimpangan pembangunan bisa diatasi," katanya.

Pewarta:

Editor : Musriadi


COPYRIGHT © ANTARA News Bengkulu 2014