Pemerintah Kota Palembang, Sumatera Selatan menyebut program pengelolaan sampah di kota itu menjadi objek percontohan bagi daerah lain, khususnya Pemerintah Kota Padang, Sumatera Barat.

Sekretaris Daerah Kota Palembang Ratu Dewa di Palembang, Jumat mengatakan, hal tersebut disampaikan pihak  Pemerintah Kota Padang yang sengaja datang untuk menjalin kerja sama terkait pengelolaan sampah.

Sebab, kata dia, Palembang dinilai sukses mengatasi masalah sampah khususnya di kawasan aliran sungai melalui program - program kerja yang dijalankan beberapa tahun terakhir.

"Beberapa program pengendalian sampah yang akan dilakukan kerja sama tersebut di antaranya seperti restorasi aliran sungai dan Instalasi Pengolahan Air Limbah (Ipal)," kata dia dalam rilis seusai menerima kunjungan Asisten I Pemerintah kota Padang Edi Hasymi di Kantor Wali Kota Palembang.

Dalam hal ini, lanjutnya, delegasi Pemerintah Kota Padang sudah melihat secara langsung pengerjaan-nya ke lokasi dan dampaknya terhadap kebersihan lingkungan aliran sungai.

"Delegasi Pemerintah Kota Padang sudah melihat kondisi di lapangan salah satunya Sungai Sekanak-Lambidaro yang terlihat sudah bersih melalui program tadi, jadi mereka ingin mempelajari program ini sehingga bisa diterapkan di daerahnya,” imbuhnya.

Selain itu, menurut Dewa, pada kesempatan tersebut Pemerintah Kota Padang juga menyampaikan bahwa mereka tertarik untuk menjalin kerja sama dalam bidang pengelolaan pariwisata religi bersama kota Palembang.

"Rencana kerja sama ini sedang dibahas untuk ditindaklanjuti, kami menganggap ini semua sebagai prospek yang bagus untuk kedua pihak kedepannya," katanya menandaskan.

Pewarta: Muhammad Riezko Bima Elko

Editor : Musriadi


COPYRIGHT © ANTARA News Bengkulu 2022