Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Rejang Lebong, Provinsi Bengkulu, menyebutkan jumlah pasien COVID-19 di daerah itu saat ini tersisa empat orang lagi.

"Hari ini ada satu kasus terkonfirmasi positif COVID-19 yang dinyatakan sembuh, yakni kasus 4.326 berjenis kelamin perempuan berusia 51 dari Kecamatan Sindang Dataran. Saat ini jumlah pasien COVID-19 yang masih aktif ada empat orang lagi," kata Kepala Dinas Kesehatan dan juga selaku Jubir Satgas Percepatan Penanganan COVID-19 Rejang Lebong, Syahfawi di Rejang Lebong, Kamis.

Dia menjelaskan, kasus aktif yang masih tersisa empat orang ini semuanya tengah menjalani isolasi mandiri di rumah masing-masing.

Perkembangan kasus penyebaran COVID-19 di Rejang Lebong di Kabupaten Rejang Lebong pada tahun ini terhitung 1 Januari hingga 7 April 2022, kata dia, tercatat mencapai 929 kasus dengan rincian sebanyak 925 kasus dinyatakan sembuh, dua orang meninggal dunia dan empat orang lagi masih menjalani isolasi mandiri.

Kalangan pasien yang masih menjalani isolasi mandiri tersebut tersebar dalam empat kecamatan diantaranya di Kecamatan Curup Timur, Curup Utara, Selupu Rejang dan Kecamatan Padang Ulak Tanding (PUT).

Sementara itu untuk jumlah sampel tes PCR yang diambil dari masyarakat di daerah itu guna diperiksa di laboratorium mencapai 1.218 spesimen dengan hasil dinyatakan positif sebanyak 399 sampel atau 32,76 persen dan 819 sampel lainnya dinyatakan negatif.

Sedangkan untuk sampel antigen yang diperiksa mencapai 7.925 spesimen dengan hasil antigen positif sebanyak 1.231 sampel (15,53 persen) dan 6.694 sampel dinyatakan antigen negatif.

Menurut dia, kendati kasus penyebaran COVID-19 di wilayah itu terus mengalami penurunan namun kalangan masyarakat Rejang Lebong diminta untuk terus menerapkan protokol kesehatan 5M sehingga kasus penyebaran virus mematikan itu tidak kembali meningkat.

Pewarta: Nur Muhamad

Editor : Musriadi


COPYRIGHT © ANTARA News Bengkulu 2022