Mukomuko (Antara) - Pemerintah Kabupaten Mukomuko, Provinsi Bengkulu, tahun 2014 akan meningkatkan status sebanyak 31 titik jalan usaha tani yang masih tanah dan koral agar mudah dilewati oleh kendaraan roda empat untuk mengangkut hasil pertanian.

"Sebanyak 31 titik jalan usaha tani (JUT) yang masih tanah dan koral akan ditingkatkan statusnya," kata Kabid Prasarana dan Sarana Dinas Pertanian, Peternakan, Perkebunan, dan Kehutanan (DP3K) Kabupaten Mukomuko, Efin Maswandi, di Mukomuko, Kamis.

Ia mengatakan, sebanyak 31 titik jalan terdiri dari 21 jalan ke sentra pangan dan 10 jalan perkebunan itu, dibangun hampir merata di 15 kecamatan di daerah itu.

Ia menyebutkan, khusus jalan sentra pangan dibangun di lima kecamatan yang menjadi sentra pertanian pangan. Lima kecamatan itu, yakni Kecamatan Lubuk Pinang, Kecamatan XIV Koto, Kecamatan Air Manjuto, Kecamatan Malin Deman, dan Ipuh.

Kemudian, lanjutnya, sebaran kegiatan peningkatan jalan perkebunan terdapat di Kecamatan Teras Terunjam, Kecamatan Penarik, Kecamatan Kota Mukomuko, Kecamatan Ipuh, Kecamatan Air Manjuto, Kecamatan  XIV Koto, Kecamatan Lubuk Pinang, Kecamatan Pondok Suguh, dan Kecamatan Teramang Jaya.

Sedangkan peningkatan status jalan tersebut, kata dia, dari yang selama ini tanah dibangun koral dan rabat beton. Sementara jalan koral dijadikan rabat beton.

Namun, kata dia, pihaknya belum tahu berapa banyak jalan tanah yang dikoral dan jalan koral yang menjadi rabat beton karena proses kegiatan ini dalam perencanaan.        

Ia menerangkan, sebanyak 31 titik jalan usaha tani tersebut dibangun menggunakan dana alokasi khusus (DAK) tahun 2014 dengan nilai sebesar Rp3 miliar.

Pewarta:

Editor : Musriadi


COPYRIGHT © ANTARA News Bengkulu 2014