Dinas kesehatan Kabupaten Mukomuko, Provinsi Bengkulu, bekerjasama dengan pihak Polres dan Kodim 0428 Mukomuko untuk meningkatkan cakupan vaksinasi COVID-19 di daerah ini dengan melaksanakan vaksinasi usai shalat Tarawih.

"Vaksinasi malam hari usai shalat Tarawih masih berjalan di daerah ini. Pihak Polres dan Kodim yang menentukan lokasi masjidnya," kata Kabid Pencegahan dan Pengendalian Penyakit (P2P) Dinkes Kabupaten Mukomuko, Jajad Sudrajat, dalam keterangannya di Mukomuko, Senin (18/4).
 
Ia mengatakan, petugas kesehatan dari Dinas Kesehatan maupun puskemas siap mengikuti kegiatan vaksinasi malam hari usai shalat Tarawih yang digelar oleh pihak Polres dan Kodim.
 
Ia mengatakan, petugas kesehatan di daerah ini selain memberikan pelayanan vaksinasi COVID-19 usai shalat Tarawih termasuk pelayanan vaksinasi di gerai vaksinasi di 17 puskesmas.
 
Namun jumlah warga masyarakat setempat yang mengikuti vaksinasi COVID-19 selama bulan Ramadhan ini tidak sebanyak warga yang mengikuti vaksinasi sebelum Ramadhan.
 
Apalagi warga yang mengikuti vaksinasi di gerai vaksinasi yang disediakan di 17 puskesmas yang tersebar di 15 kecamatan di daerah ini tidak banyak pesertanya usai shalat Tarawih.
 
"Harus kita akui memang sulit mengajak masyarakat setempat mengikuti vaksinasi COVID-19 di gerai vaksinasi yang disediakan di puskesmas di daerah ini," ujarnya pula.
 
Kendati demikian, ia mengatakan, pihaknya tetap mengupayakan untuk mencapai target vaksinasi dengan memberikan pelayanan vaksinasi COVID-19 baik di gerai vaksinasi di puskesmas dan pelayanan vaksinasi usia shalat Tarawih.
 
Sementara itu, ia menyebutkan, berdasarkan laporan vaksinasi COVID-19 tanggal 18 April 2022 di daerah ini sebanyak 102 orang yang menerima vaksinasi dosis I dan II yang terdiri dari satu anak 6-11 tahun menerima dosis II.

Kemudian sebanyak 13 orang warga yang menerima dosis I, 26 orang warga yang menerima dosis II, dan 62 orang warga menerima dosis III atau booster.
 
Sedangkan sisa stok vaksin COVID-19 per tanggal 18 April 2022, yakni Sinovac sebanyak 6.080 dosis, Prizer 6.096 dosis, dan Covovac 5.950 dosis.***3***
 
 
 
 

Pewarta: Ferri Aryanto

Editor : Musriadi


COPYRIGHT © ANTARA News Bengkulu 2022