Bengkulu (Antara) - Kepala Dinas Pekerjaan Umum Provinsi Bengkulu Azwar Boerha mengatakan pada tahun anggaran 2015, dana perbaikan jalan nasional di wilayah provinsi itu mencapai Rp317 miliar.

"Dana perbaikan jalan nasional di Provinsi Bengkulu mencapai Rp317 miliar tahun depan, ini sudah disetujui," katanya di Bengkulu, Rabu.

Ia mengatakan anggaran tersebut ditetapkan berdasarkan kajian kondisi jalan nasional oleh Balai Jalan Kementerian Pekerjaan Umum.

Selain perbaikan jalan, anggaran tersebut juga untuk membangun jembatan yang terdapat di jalan nasional.

"Sebelumnya sudah ada kajian dan identifikasi tentang kondisi jalan di wilayah kita dan hasilnya alokasi anggaran ratusan miliar itu," ucapnya.

Anggaran perbaikan jalan itu tambah dia untuk jalan nasional yang menghubungkan Provinsi Bengkulu dengan Sumatra Barat, Provinsi Bengkulu dengan Lampung dan Provinsi Bengkulu dengan Sumatera Barat.

Ia menambahkan anggaran perbaikan jalan tersebut juga sesuai dengan usulan Pemprov Bengkulu ke Kementerian Pekerjaan Umum.

Menurut Boerhan anggaran jalan tersebut belum mampu memuluskan jalan nasional yang panjangnya mencapai 700 kilometer.

"Perbaikannya bertahap, tidak bisa seluruhnya mulus dalam waktu serentak, karena dana itu tidak cukup," ujarnya.

Sementara alokasi anggaran perbaikan jalan nasional menghubungkan Bengkulu dengan Sumatra Barat pada 2014 terdapat di dua titik yakni menghubungkan Ipu-Bantal dan Ipuh-Mukomuko.

Anggota Komisi III DPRD Provinsi Bengkulu Burhandari mengatakan perbaikan jalan nasional tersebut termasuk pelebaran jalan nasional tersebut dengan anggaran lebih Rp390 miliar.

"Perabaikan jalan untuk nasinal pada tahun ini lebih dari 390 miliar, termasuk pelebaran jalan nasional di wilayah Mukomuko menuju Sumatra Barat," katanya.

Pewarta:

Editor : Musriadi


COPYRIGHT © ANTARA News Bengkulu 2014