Palembang (Antara) - Kepala Bappeda Kota Palembang Sapri Nungcik mengatakan akan segera merealisasikan pembangunan gedung parkir di dua lokasi sebagai solusi mengatasi kemacetan di daerah tersebut.

"Lapangan Kamboja dan Hatta akan menjadi lokasi pembangunan gedung parkir tetapi fungsi utamanya tetap dipertahankan," katanya, di Palembang, Sabtu.

Menurut dia, lapangan tersebut selama ini berfungsi sebagai tempat warga berolahraga terutama anak-anak sekolah.

Lapangan Hatta berada tidak jauh dari pusat kemacetan Kota Palembang yaitu Jalan Kolonel Atmo. Sedangkan Lapangan Kamboja hanya beberapa  meter dari Jalan Sudirman.

Ia mengatakan, pengerjaan desain detail bangunan atau DED kini mulai dilaksanakan Dinas PU Cipta Karya dan Perumahan.

Setelah DED selesai gedung parkir dengan ketinggian minimal 10 lantai segera dibangun.

Dia menjelaskan, upaya mengatasi kemacetan terus dilakukan pemkot setempat bukan hanya dengan rencana pembangunan gedung parkir.

Namun, pengaturan parkir di kawasan jalan protokol kini juga telah dilaksanakan secara optimal untuk mengantisipasi kemacetan di kota pempek yang volume kendaraan terus mengalami peningkatan.

Sapri menambahkan, untuk pembangunan gedung parkir tersebut pemkot akan bekerja sama dengan pihak swasta yang saat ini masih dalam proses penjajakan.

Namun, direncanakan pembangunan fasilitas umum itu akan direalisasikan tahun ini.

Sebelumnya Kepala Dinas Perhubungan Kota Palembang Masripin Toyib mengatakan mengatasi kepadatan lalu lintas telah menjadi fokus kegiatan agar segara diatasi.

Secara bertahap pengaturan parkir di kawasan jalan protokol telah dilaksanakan dengan sistem parkir sejajar, katanya.

Dia menambahkan, pembangunan gedung parkir menjadi solusi mengatasi kemacetan di kawasan lalu lintas padat kota yang dibelah Sungai Musi itu.

Alternatif lainnya, pihaknya kini telah membatasi operasional bus kota yang tahun lalu mencapai 120 unit kini tersisa 102 unit armada.

Pewarta:

Editor : Musriadi


COPYRIGHT © ANTARA News Bengkulu 2014