Bengkulu (Antara) - Menteri Tenaga Kerja dan Transmigrasi Muhaimin Iskandar mengajak seluruh transmigran di Provinsi Bengkulu agar menjadi kader pembangunan daerah dan nasional.

"Transmigran jadilah kader pembangunan daerah dan nasional. Membangun peradaban yang unggul dan mulai," katanya di Bengkulu saat mengukuhkan Dewan Pengurus Daerah Perhimpunan (DPD) Anak Transmigran Republik Indonesia (PATRI) Provinsi Bengkulu di Kota Bengkulu, Senin.

Ia mengatakan untuk menjadi kader pembangunan, kualitas sumber daya manusia dari anak-anak transmigran akan terus ditingkatkan.

Salah satunya adalah pemberian beasiswa bagi anak-anak transmigran yang berprestasi.

Menteri juga mengajak seluruh transmigran agar menjaga dan meningkatkan kemandirian untuk mewujudkan ketahanan nasional.

Menurutnya bahwa program transmigrasi terbukti telah mampu meningkatkan pertumbuhan perekonomian di daerah-daerah sasaran.

"Memang masih perlu peningkatakan infrastruktur, terutama pembangunan fasilitas di wilayah transmigrasi seperti irigasi dan lain sebagainya," tambahnya.

Sementara Ketua Umum PATRI Provinsi Bengkulu yang juga Wakil Bupati Kabupaten Bengkulu Utara, Mian mengatakan organisasi kemasyarakatan itu independen dan tidak berafiliasi dengan partai politik tertentu.

"Kami menghidupkan kembali organisasi PATRI Bengkulu yang sudah mati suri selama 10 tahun," ucapnya.

Ia mengatakan organisasi masyarakat tersebut murni berjuang untuk kepentingan anggota dimana seluruh pengurus juga sudah terbentuk di sembilan kabupaten.

Organisasi ini tambahnya akan mewadahi putra dan putri transmigran untuk menjadi generasi penerus yang punya daya saing.

Mian mencontohkan Gubernur Bali Made Mangku Pastika yang merupakan putra transmigran asal Kabupaten Bengkulu Utara.

"Kami mengharapkan anak-anak transmigran lain dapat mengikuti jejak mereka yang sudah berhasil membangun daerah dan negara," ujarnya.***3***

Pewarta: Oleh Helti Marini Sipayung

Editor : Helti Marini S


COPYRIGHT © ANTARA News Bengkulu 2014