Kepala Kepolisian Resor (Kapolres) Rejang Lebong, Bengkulu, AKBP Tonny Kurniawan menyatakan hingga H+4 Idul Fitri 1443 Hijriah situasi keamanan dan ketertiban masyarakat (kamtibmas) di daerah ini relatif aman.

"Situasi Kamtibmas di Polres Rejang Lebong dan Polsek jajaran hasil dari pantauan dan laporan pos sampai saat ini belum ada laporan baik kasus lakalantas maupun kasus kriminal serta kejadian yang menonjol," kata AKBP Tonny Kurniawan usai melakukan pemantauan arus mudik dan pos Lebaran di Kabupaten Rejang Lebong, Sabtu.

Dia menjelaskan kondisi kamtibmas yang kondusif tersebut setelah pihaknya melakukan antisipasi dini guna mencegah terjadinya kerawanan-kerawanan yang bisa mengganggu kenyamanan pemudik dan masyarakat daerah itu.

Polres Rejang Lebong, kata dia, selain menerjunkan tim khusus pengamanan pemudik juga mendirikan enam pos Lebaran yang diisi petugas gabungan TNI/Polri, dinas kesehatan, BPBD, dinas sosial, Pramuka, Senkom, Orari, dan PMI.

Adapun enam pos Lebaran didirikan di wilayah itu, antara lain, pos pelayanan (posyan) di kawasan Pasar Bang Mego Curup, posyan di objek wisata Pemandian Suban Air Panas dan Tebing Suban, serta di kawasan wisata DMHB.

Sementara itu, untuk Pos Pengamanan (Pospam) didirikan di Lintas Curup-Lubuklinggau, Sumsel yakni di perbatasan di Desa Tanjung Sanai, Kecamatan Padang Ulak Tanding (PUT), kemudian Pospam Kontainer di Desa Taba Padang Kecamatan Binduriang dan Pospam Desa Pelalo, Kecamatan Sindang Kelingi.

Bagi kalangan pemudik yang akan kembali ke daerah asalnya setelah berlebaran di sejumlah daerah di Bengkulu yang melintas di Rejang Lebong diminta untuk memperhatikan kondisi kendaraan serta memastikan kondisi sopir kendaraan fit.

Bagi pemudik yang menggunakan sepeda motor diminta agar mengenakan alat keselamatan berkendara yakni menggunakan helm standar maupun mengenakan jaket pengaman dan sepatu.

Pewarta: Nur Muhamad

Editor : Helti Marini S


COPYRIGHT © ANTARA News Bengkulu 2022